Keistimewaan Bahasa Arab

Bahasa Arab memang bahasa yang sangat istimewa. Sehingga Allah SWT berkenan berbicara kepada ummat manusia dengan bahasa Arab melalui Al Qur’an. Padahal Al Qur’an itu sendiri tidak hanya ditujukan kepada Bangsa Arab saja, melainkan utuk seluruh ummat manusia sepanjang zaman. Dengan demikian, bukan berarti Allah tidak mengetahui bahwa manusia mempunyai ribuan bahasa yang berbeda, tapi Allah telah menetapkan bahwa hanya ada satu bahasa yang Dia gunakan untuk memberi petunjuk untuk milyaran ummatnya di dunia, yaitu Bahasa Arab.

Yang patut kita ketahui, sesungguhnya Bahasa Arab telah menempati peringkat kelima setelah Inggris, Jepang, Prancis dan Mandarin dari bahasa internasional dunia. Tanpa bahasa arab, jembatan antara peradaban timur dan peradaban barat akan terputus. Karena perubahan besar terjadi ketika tersebarnya bahasa arab ke berbagai negeri seberang. Dengan segala kefasihan, kelembutan bahasanya, untaian syair yang tak akan pernah dapat ditiru oleh bahasa lainnya.
Allah SWT juga telah menetapkan bahwasanya Bahasa yang digunakan ketika kita sholat hanyalah bahasa arab. Allah SWT tidak akan menrima sholat seorang muslim kecuali dengan bahasa Arab. Ataupun ketika kita berdo’a ataupun yang lainnya. Tentunya ada alasan kuat mengapa Allah menetapkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi antara langit dan bumi. Para pakar bahasa Arab menyebutkan beberapa keistimewaan bahasa Arab, antara lain : pertama, bahasa Arab adalah bahasa induk dari semua bahasa ummat manusia. Ketika Nabi Adam As menginjakkan kakinya pertama kali diatas bumi ini, beliau sudah pandai berbicara. Dan karena seblumya beliau adalah penduduk surga, yang mana ada keterangan bahwasanya bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab, maka secara otomatis bahasa yang digunakan Nabi Adam adalah bahasa Arab.
Kedua, bahasa arab adalah bahasa tertua dan abadi. Kita boleh saja mengatakan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa paling populer di dunia, akan tetapi tidak ada bahasa yang bertahan lama dimuka bumi ini selain bahasa arab. Sebab sejarah membuktikan bahwa sejak zaman Nabi Ibrahim As, yang diperkirakan hidup pada abad 19 sebelum masehi, beliau sudah menggunakan bahasa Arab. Sehingga kalau dihitung sampai sekarang, bahasa arab sudah digunakan penduduk bumi selama kurang lebih 40.000 tahun lamanya.
Ketiga, bahasa arab memiliki jumlah perbendaharaan kata yang paling banyak. Mungkin karena usianya yang sudah sangat tua, dibarengi dengan peradaban manusia yang beraneka ragam, maka kata-kata dalam bahasa arab semakin banyak. Sebagai contoh, salah satu peneliti bahasa arab mengemukakan bahwa orang arab memiliki 80 sinonim untuk kata yang bermakna unta. Dan punya 200 sinonim untuk sinonim yang bermakna anjing.
Keempat, bahasa arab adalah bahasa yang paling banyak diserap. Coba kita perhatikan bahasa yang sekarang banyak kita gunakan, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Nyaris terdapat banyak kosa kata yang berasal dari bahasa arab. Bahkan bahasa ilmiah didunia sains pun tidak lepas dari pengaruh serapan kata dari bahasa arab.
Dengan demikian sungguh sangat tidak lazim, kita sebagai umat muslim yang mengamalkan Al Qur’an, tidak pernah memakai bahasa arab yang seharusnya digunakan sebagai bahasa untuk memahami isi Al Qur’an. Dan Allah sendiri telah menjamin bahwa Al Qur’an tidak akan pernah lenyap hingga hari kiamat nanti. Wallahu a’lam bishshawab.


1 Response to "Keistimewaan Bahasa Arab"

  1. ya betul kang! tapi saya sulit rasanya kalw sudah berhadapan dg nahwu sharaf. mungkin harus punya waktu yang lebh serius lagi.
    salam kenal newbie kadipaten.
    blogna keren uY!

    ReplyDelete