Fakultas Tarbiyah ISID adakan Pelatihan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )

PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh seorang guru terhadap kondisi belajar siswa, sehingga dapat ditemukan masalah-masalah yang sekiranya menghambat proses belajar mengajar.
Acara ini diadakan pada hari sabtu-ahad, 24-25 April 2010 di Kampus Baru ISID Siman tepatnya di Gedung CIOS ( Central Islamic and Occidental Studies ). Dalam acara ini diundang juga beberapa utusan dari berbagai Universitas di Ponorogo diantaranya, STAIN Ponorogo, INSURI, dan IAIRM. Diperkirakan acara ini memakan biaya 4 juta rupiah. Pelatihan ini dikhususkan untuk Fakultas Tarbiyah saja, tapi bukan berarti tidak menerima peserta selain Fakultas Tarbiyah, ada beberapa mahasiswa dari Fakultas Syariah, Ushuluddin yang berpartisipasi dalam acara ini.


Dalam pelatihan ini, para peserta dilatih secara langsung bagaimana cara mengajar yang baik, juga diungkap berbagai strategi dalam mengajar secara praktisi. Sangat berbeda dengan seminar, dalam seminar, para peserta hanya dituntut untuk mendengar semua paparan para pemakalah, kemudian dibuka termin pertanyaan dan selesai. Dalam pelatihan, dengan mengerahkan seluruh tenaga, pikiran dan waktu para fasilitator mempraktekkan seluruh strategi dengan penuh semangat. Saya sebagai peserta sangat bersyukur karena dapat berpartisipasi menjadi peserta sekaligus panitia acara ini. Disini kita bisa mempraktekkan langsung semua strategi tanpa rasa malu dan canggung, karena ini adalah ajang latihan untuk bekal kita di masa depan. Disini kita akan tahu masalah-masalah yang menghambat proses belajar mengajar. Karena semua kegiatan belajar mengajar bergantung pada seorang guru. Dia merupakan GAWANG dalambelajar siswa. Seperti yang diucapkan Almarhum KH. Imam Zarkasyi :"Al Insaanu mahallul khathaa' wannisyaan illal mudarris", sangat jelas bahwa seorang guru haruslah menjadi yang terdepan dalam belajar siswa, dalam proses pembelajaran ia harus bena-benar siap lahir dan batin, teori ataupun praktek, penguasaan materi ataupun metode mengajar.
Kita semua akan menjadi seorang guru, baik bagi orang lain, keluarga, ataupun bagi diri kita sendiri. Berapa pun ilmu yang kita dapatkan dari orang lain, walaupun ia lebih muda dari kita, maka di adalah guru bagi kita. Janganlah kita menganggap diri kita paling benar atau paling pandai, karena jikalau kita telah merasa puas atas ilmu yang kita dapat, tak kan ada lagi rasa ingin untuk menuntut ilmu lebih banyak lagi dan akan merasa menjadi guru paling profesional. Jadilah seperti padi, makin berisi makin merunduk.

0 Response to "Fakultas Tarbiyah ISID adakan Pelatihan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )"

Post a Comment