Cara Mengetahui Orang Berbohong

Hampir Setiap orang pernah berbohong, baik disadari maupun tidak, direncanakan ataupun spontan. Pada saat tertentu, mungkin apsangan anda curiga bahwa anda sedang berbohong. Atau sebaliknya, anda curiga bahwa pasangan anda lah yang sedang berbohong. Masalahnya tahukah anda kalau dia benar-benar sedang berbohong?

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengetahui bahwa dia sedang berbohong atau tidak. Bahasa tubuh lah yang akan mengungkap semua itu. Hal ini terjadi karena orang yang sedang berbohong lebih memperhatikan ucapannya dari pada apa yang terjadi pada tubuhnya?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Desmond Morris menyimpulkan bahwa anda tidak dapat memalsukan bahasa tubuh. Akan tetapi bukan tidak mungkin, orang yang pekerjaannya berbohong bisa mempelajari bahasa tubuh sehingga bisa memanipulasinya.

Namun, sepintar-pintar menyembunyikan kebohongan, pastilah ada bahasa tubuh yang lepas dari kontrolnya karena otak memiliki system pengaman yang akan diteruskan apabila menerima vesan nonverbal yang tidak selaras. Dalam hal ini, wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering menunjukkan sinyal kebohongan.

Dibawah ini, secara umum akan dijelaskan beberapa cirri-ciri orang berbohong dengan melihat bahasa tubuh yang ia lakukan:


1. Menutup Mulut dan Terbatuk

Gerakan ini adalah salah satu gerakan yang sering dilakukan Anak-anak. Orang dewasa pun seperti itu. selain menutup mulut, sering juga kita melihat orang yang terbatuk, padahal ia sedang tidak terkena penyakit batuk. Keinginan untuk menutup mulut terjadis ecara reflex. Saat itu, tanpa disadari, otak menyuruh tangan untuk menghentikan kata-kata bohong yang diucapkan. Sama halnya dengan seeseorang yang tertawa terlalu keras. Ketika merasa telah melakukan hal yang berlebihan dan itu bukan suatu tindakan yang baik, secara tidak sadar dia akan menutup mulutnyaseperti hendak menghentikan tawanya.

2. Menutup Hidung

Gerakan ini relative halus dibandingkan dengan gerakan menutup mulut। Orang yang sedang berbohong dengan sendirinya akan mengusap bagian bawah hidungnya. Baik itu secara pelan atau dengan cara cepat. Biasanya gerakannya halus, bukan menggosok-gosok hidungnya. Tapi anda juga harus waspada, bisa jadi dia memang sedang menggaruk hidungnya karena gatal.

3. Memalingkan Pandangan, Menggosok Mata, Jumlah Kedipan

Mata adalah gerbang jiwa, jendela hati। Mata dpat menceritakan suasana hati, termasuk ketika anda berbohong. Saat berbohong, mata akan berusaha melihat kea rah yang lain. Baik ke atas, bawah, yang penting bukan kea rah lawan bicaranya. Cara lain mendeteksi kebohongan adalah dengan memperhatikana danya kedipan mata. Yang berbohong menjadi gugup sehingga saraf matanya bekerja lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu, dalam serial TV terkenal, MacGyver selalu menebak apakah lawan bicaranya berbohong atau tidak dengan menghitung jumlah kedipan matanya.


Sebenarnya masih banyak ciri-ciri orang berbohong yang belum sempat di sebutkan. Tapi ini sudah cukup bagi kita untuk mengetahui apakah lawan bicara kita berbohong atau tidak. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah apakah Si Pembaca postingan ini suka berbohong atau tidak? Kalau suka, berarti sekarang sudah tau cara menyembunyikan kebohongannya, heheee….

Tapi semoga kita bukan termasuk orang-orang yang suka berbohong, karena berbohong merupakan segala sumber dosa। Sekian, semoga bermanfaat…


Sumber :

Nama Buku : Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh

Penulis : Dianata Eka Putra

4 Responses to "Cara Mengetahui Orang Berbohong"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete