Bahasa Tubuh Dari Belahan Penjuru Dunia


Selain mengetahui bahasa tubuh secara umum, ada baiknya kita megenal bahasa tubuh yang khas dari mmasing-masing Negara atau benua. Hal ini penting karena terkadang kita menghadapi orang dari Negara lain yang sangat berbeda dari segi kebiasaan ataupun tingkah laku dibandingkan dengan orang Indonesia. Berikut ini contoh beberapa bahasa tubuh dan kebiasaan yang dilakukan di Negara atau benua lain.
Bagi kebanyakan orang Firlandia, makan sambil berjalan dianggap kurang sopan. Juga sikap menyilangkan tangan di dada dianggap tindakan yang arogan dan berlebihan.
Jika bertemu dengan orang Perancis, jangan heran jika mereka mengucapkan salam dengan menempelkan pipi dan mencium udara. Sementara, orang Jepang lebih menyukai gerakan menganggukkan kepala yang disertai berjabat tangan karena menganggapnya tindakan yang sopan. Lain halnya dengan orang Yunani, jika mereka marah, seringkali terlihat tersenyum. Hal ini sangat jarang dijumpai di belahan bumi lain karena bahasa tubuh orang yang sedang marah tidak pernah tersenyum.
Penduduk Spanyol sangat tidak suka melihat orang menggeliat dan menguap di depan umum. padahal, hal ini sangat sering kita temui di Indonesia. Apabila kita menemukan keramahan orang-orang Asia ditunjukkan dengan seringnya mengumbar senyum, kita akan sulit menemukannya di Rusia. Mereka terkenal sangat susah tersenyum kepada orang lain terutama yang belum dikenalnya.
Di Swiss, tindakan membuang sampah di jalanan sangat tidak disukai. Hal ini termasuk tindakan yang tidak sopan sehingga akan mendapatkan denda yang tidak sedikit. Apabila anda menyilangkan dada di dada saat berada di Swedia –di sebagian Negara dianggap sebagai tindakan tertutup- justru anda dianggap sedang menyimak anda. Tetapi, jangan sekali-sekali berbicara kepada orang Swedia dengan tubuh anda tidak menghadap langsung ke tubuhnya. Sedikit saja anda memiringkan tubuh, bisa bisa anda dianggap tidak mempedulikannya.
Budaya Timur Tengah, tidak dapat menerima seseorang menunjuk sesuatu dengan jari tangannya. Ini dianggap tindakan yang sangat tidak sopan. Bagi orang Mesir, merokok di depan umum bisa diterima dengan baik dan dianggap tindakan yang biasa saja. Sementara di Arab Saudi dan Turki, merokok sembarangan didepan umum dianggap tindakan yang tidak pantas.
Kalau anda sedang berada di India dan Bangladesh, berhati-hatilah jika anda dingin memotret. Sebaiknya, anda meminta izin terlebih dahulu jika ingin mengambil gambar orang atau tempat. Begitu juga halnya jika anda ingin merokok di depan umum. Di Sri Langka, Negeri Seribu Patung Budha, anda jangan pernah menyentuh dan bersandar pada patung Buddha karena dianggap melukai perasaan penduduk asli Bangladesh yang menganggap suci patung tersebut.
Orang Cina sering sekali bertepuk tangan, tetapi tidak suka mengatakan kata “tidak” jika kurang menyukai sesuatu. Gantinya, mereka akan menggeleng-gelengkan kepala. Selain itu, mereka menganggap makanan sangat penting dan jangan sekali-sekali menolak tawaran dari orang Cina.
Di Korea, berjalan dibelakang orang lain akan dianggap tidak sopan. Jika anda orang muda, usahakan untuk menghindari kontak mata dengan orang yang lebih tua. Hal ini dianggap sebagai tindakan yang menantang. Orang Filipina tidak akan menunjuk sesuatu dengan jarinya. Jika ini dilakukan, kita akan dianggap melakukan tindakan kasar. Tunjuklah sesuatu dengan mata dan sesekali dengan bibir yang dimiringkan kearah yang ditunjuk.
Dengan memahami adat bangsa lain, diharapkan kita akan lebih bisa membawa diri ketika bertemu mereka atau jika kita bermukim di Negara mereka.
Sumber : Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh
Penulis : Dianata Eka Putra

2 Responses to "Bahasa Tubuh Dari Belahan Penjuru Dunia"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. nice gan, survei d mn?

    ReplyDelete