Pembahasan Singkat Tentang Aqiqah

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitabnya Tuhfatul Maudud hal.25-26, mengatakan bahwa: Imam Jauhari berkata : Aqiqah ialah "Menyembelih hewan pada hari ketujuhnya dan mencukur rambutnya". Selanjutnya Ibnu Qayyim berkata: "Dari penjelasan ini jelaslah bahwa aqiqah itu disebut demikian karena mengandung dua unsur diatas dan ini lebih utama."
Adapun dalil-dalil yang berkenaan dengan aqiqah adalah sebagai berikut:
  1. Dari Salman bin Amir Ad-Dhabiy, dia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya." Shahih HR Bukhari (5472).
  2. Dari Samurah bin Jundab dia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya." Shahih, HR Abu Dawud 2838).
  3. Dari Aisyah dia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing." (Shahih, HR Ahmad)
· Aqiqah adalah Sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam.
Hokum aqiqah adalah sunnah. Dan ini telah dicontohkan oleh Rasulullah. Namun jika keluarga bayi itu tidak mampu untuk menyembelih kambing, aqiqah bisa akhirkan, tidak diwajibkan pada waktu hari ke tujuh kelahirannya. Walaupun sebenarnya lebih afdol jka aqiqah itu dilaksankan pada hari ketujuh setelah hari kelahirannya.
Dalam suatu hadits di katakan bahwa Rasulullah mengaqiqahi dirinya sendiri setelah beliau berusia 40 tahun, yaitu ketika sudah menjadi Rasul. Jadi, jika diantara kita ketika kecilnya belum sempat di aqiqahi, maka bolehlah kita untuk megaqiqahi diri kita sendiri.
Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata dalam kitabnya Fathul Bari (9/594):
"Sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pada perkataan 'pada hari ketujuh kelahirannya', ini sebagai dalil bagi orang yang berpendapat bahwa waktu aqiqah itu adanya pada hari ketujuh dan orang yang melaksanakannya sebelum hari ketujuh berarti tidak melaksanakan aqiqah tepat pada waktunya. Bahwasannya syariat aqiqah akan gugur setelah lewat hari ketujuh. Dan ini merupakan pendapat Imam Malik. Beliau berkata: "Kalau bayi itu meninggal sebelum hari ketujuh maka gugurlah sunnah aqiqah bagi kedua orang tuanya".
· Aqiqah untuk Anak Laki-laki Dua Kambing dan Perempuan Satu Kambing
Demikian juga dengan hal ini, para ulama berikhtilaf. Sebagian membenarkan pendapat itu, tapi sebagian membantah dengan berbagai alasan. Alasan yang pertama, bahwa bayi laki-laki boleh diaqiqahi dengan satu kambing saja jika keluarganya tidak mampu untuk mengaqiqahinya dengan dua kambing. Tapi yang pasti, ketentuan diatas sudah mutlak adanya dan tidak bisa diganggu gugat lagi.
Dari sekian penjelasan singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwasanya perintah aqiqah sudah mutlak kebenarannya dengan beberapa hadits yang shahih. Aqiqah adalah sunnah Rasulullah, juka kita mampu maa wajib untuk mengikuti sunnah itu. Untuk bayi laki-laki harus menyembelih dua kambing dan satu kambing untuk bayi perempuan. Wallahu a’lam bishshawab.

2 Responses to "Pembahasan Singkat Tentang Aqiqah"

  1. kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:)

    ReplyDelete
  2. Bagus artikelnya, saya suka. Ditunggu kunjungan baliknya

    http://bungaaqiqah.com

    Memberikan solusi bagi anda, dalam menjalankan ibadah Aqiqah Anda cukup menelpon, Kami yang mengerjakan.

    Rasulullah bersabda :
    "Setiap anak digadaikan dengan Aqiqahnya, disembelihkan (binatang) pada hari ke Tujuh dari kelahirannya, dicukur kepalanya dan diberi nama." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa'i, dan Ibnu Majah

    Kelebihan Layanan yang kami berikan :
    - Pesanan Via Telepon
    - Antar Gratis JABODETABEK
    - Diproses secara Syar'i dan Profesional
    - Harga lebih hemat dan variatif
    - Bonus Buku Risalah Aqiqah 50 exp
    - Siap menyalurkan ke Panti / Yayasan
    - Pesanan diluar JABODETABEK via transfer
    - Pembayaran setelah barang sampai di tempat
    - Menu masakan sesuai permintaan
    - Menerima pesanan Nasi Box
    - Dapatkan Souvenir Menarik (selama persediaan masih ada)

    Bapak Ayyash 02183816686 / 02143931019

    ReplyDelete