Akidah Filsafat Sebagai Prinsip Hidup


            Terkadang hidup terasa berat, terkadang manusia sering putus asa, apasih hidup itu ?, kenapa harus hidup ?. Menurut banyak orang hidup adalah rangkaian keputusan karena merupakan sebuah pilihan, menurut banyak orang juga hidup adalah perjuangan. Namun, kenapa harus kata menurut banyak orang ? bukankah yang menjalani kehidupan itu kita sendir ? bagaimanakah Islam memberikan Solusi dengan adanya Akidah Filsafat sebagai prinsip hidup ?
            Ketika manusia dihadapkan kepada sebuah kehidupan dengan segala lika-likunya, maka ia takkan pernah terlepas dari permasalahan. Dan permasalahan itu membutuhkan solusi sebagai jalan keluarnya. Akidah filsafat muncul sebagai prinsip hidup dimana seseorang akan kuat setegar karang dengan bermacam-macam dinamika dan problematika kehidupan yang dihadapinya, ia akan berada di depan untuk menerjang segala hal apapun yang dihadapinya walau sekuat ombak dan angin badai. Namun, Seseorang jika tanpa Akidah filsafat dalam hidupnya maka akan seperti sampah di lautan yang selalu mengekor kepada arus ombak tak tau kemana ia akan dibawa dan harus rela terombang-ambing dalam ketidak pastian dalam hidupnya yang akhirnya ia akan terseret ke pantai sebagai sampah yang tak berguna.
              Hidup itu terasa berat, karena tidak punya landasan akidah yang kuat. Sering kita putus asa dan terombang-ambing dengan berjalannya waktu secara sia-sia dalam kehiudpan, dikarenakan tidak adanya filsafat dalam kehidupan. Sering seseorang mengatakan “ini jalan hidup saya”, padahal ia hanya pasrah dengan keadaan yang menghimpitnya sehingga ia melihat kehidupan sebagai kehampaan lalu keluarlah pernyataan dalam fikirannya “Tuhan itu jahat” karena begitu pahit kehidupan yang dijalaninya. Dan hal ini dikarenakan tidak adanya akidah yang kuat sebagai keyakinan bahwa Allah selalu sayang dan cinta kepada hamba-Nya denga melalui ujian agar mampu mencapai derajat yang lebih tinggi dari sebelumnya dan musibah yang diberikan-Nya agar sadar akan apa yang telah diperbuatnya, serta filsafat agar untuk menjadikan manusia itu berfikir akan hakikat dirinya sebagai khalifah di muka bumi serta pentingnya peran dan fungsi ilmu pengetahuan yang seharusnya ia miliki. Khalifah yang tidak pernah kehilangan arah dan mengenal Tuhannya secara absolut. Sehingga ia tau siapa itu Tuhannya, apa yang itu ilmu kekuasaan yang dimilki oleh Tuhannya, serta ia tau akan posisinya sebagai hamba di hadapan Allah dan sebagai Khalifah di muka bumi, karena ia telah mempunyai pegangan hidup sebagai petunjuk arah dalam kehidupan, yaitu Al Qur’an dan Hadits. Maka akidah filsafat merupakan prinsip hidup yang selalu memberikan solusi dalam segala aspek kehidupan, namun banyak orang yang tidak menyadarinya. Wallahu a’alam Bi Al-Shawaab.   

0 Response to "Akidah Filsafat Sebagai Prinsip Hidup"

Post a Comment