Ikatlah Ilmumu Dengan Tulisan


Statemen ini baru saya dapatkan beberapa hari terakhir ini. Saya baru sadar, dengan menulis berarti kita telah mencurahkan seluruh isi hati. Dikala otak ini berpikir sesuatu, maka itulah yang akan saya tulis. Saya tidak akan berhenti menulis sebelum dapat minimal 1 halaman. Entah apa yang ditulis, yang paling penting curahkan isi hatimu.
Kita dapat menulis sesuatu karena sebelumnya kita melihat sesuatu pula. Kita tidak cukup hanya dengan membaca, tanpa menorehkan hasil bacaan kita dengan tulisan. Sesuai dengan mahfudzat, al ‘ilmu shaidun wal kitaabatu qiduhu, qayyid shuyuudaka bil hibaalilwaatsiqati. Ilmu itu bagaikan hewan buruan, dan tulisan bagaikan pengikatnya. Maka ikatlah hasil buruanmu dengan ikatan yang kuat. Kira-kira begitulah artinya. Kemampuan ingatan manusia itu terbatas, semakin banyak yang dihafal semakin banyak pula yang lupa. Maka, jalan terbaik yang harus dilakukan untuk tetap mengingat ilmunya adalah dengan mencatatnya dalam bentuk tulisan.
Sungguh nikmat jika kita dapat menulis dengan baik. Tidak butuh waktu lama untuk menulis, jika ada waktu kosong, menulislah! Entah kapan saya dapat menulis sebaik Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A, salah satu dosen favorit saya. tulisannya sudah tidak diragukan lagi. Renyah, mudah dipahami dan sarat akan pengetahuan baru bagi saya.
Orang yang pandai bicara, belum tentu pandai dalam menulis, begitu juga sebaliknya. Nama seorang penulis akan dikenang selamanya, selama tulisannya masih dibaca dan bermanfaat bagi orang lain. Coba kita bayangkan para ulama terdahulu yang menulis puluhan buku tentang berbagai ilmu. Seperti Imam Syafi’i, Ibnu Sina, dan ulama lainnya yang hingga saat ini tulisan mereka masih kita pelajari dan mungkin hingga hari akhir nanti. Subhanallah, betapa amal jariyahnya mengalir deras menghapus seluruh dosa-dosa mereka. Allahu yarhamhum.
Mari kita mulai menulis, mengikuti jejak para ulama terdahulu. Semoga tulisan kita bermanfaat bagi siapapun yang membacanya dan menjadi bekal kita di akhirat nanti. Amin.

0 Response to "Ikatlah Ilmumu Dengan Tulisan"

Post a Comment