Di Punjab, Polisi Berbadan Gendut Dipecat

Asyiknya pagi-pagi membaca berita lewat Republika Online sambil ditemani susu hangat. Sekilas aku membaca berita unik terkait dengan polisi berbadan gendut. Ya, sesuai dengan judul diatas, di Pakistan, tepatnya di Provinsi Punjab, polisi yang memiliki berat badan tidak ideal atau pemilik perut tambun, dipastikan umur mereka menjadi petugas polisi tidak akan lama lagi. Alasannya, polisi yang berbadan gendut tidak pantas untuk menjadi pemberantas kejahatan. Mengingat penduduk disana sudah sangat padat. Selain itu, polisi gendut juga terkesan malas, korup dan tidak efektif. Maka dari itu, para polisi hanya diberikan dua pilihan, diet untuk menurunkan berat badan, atau mengajukan pensiun dini. gimana menurut kalian?

Sekarang beralih ke Indonesia. Bagaimana pendapat kalian jika di Indonesia diterapkan peraturan seperti itu? Memang, saya pribadi agak janggal ketika melihat polisi yang berbadan gendut. Dan diantara mereka kebanyakan polisi senior. Dan aku yakin, ketika baru diangkat jadi polisi, badan mereka ideal, tegap dan jelas tidak gendut. Lalu, kenapa setelah menjadi polisi badan mereka membengkak? Apa yang mereka lakukan selama menjadi polisi? Dalam beritanya, para polisi di Pakistan itu tertangkap kamera disaat mereka sedang tertidur di kursi, berbicara lewat telepon dan berdiri dengan perut membuncit. Apakah polisi di Indonesia sama? yang pasti sama gendutnya, hehee...

Kalo menurutku, sebaiknya polisiyang berbadan gendut diperingatkan agar diet untuk menurunkan berat badan mereka. Selain itu, pemerintah harus selalu mengawasi semua yang dikerjakan polisi. menjadi polisi, tidak sleamanya berkuasa dan selalu mengawasi. Tapi ada saatnya ia juga diawasi. Diatas langit ada langit. Sipa memimpin dan siap dipimpin. Pekerjaan polisi harus benar-benar terkontrol. Jika tertangkap polisi itu tidak mejalankan tugasnya dengan baik, maka tidak ada dispensasi untuknya. Masyarakat Indonesia sangat mengharapkan polisi di negeri kita ini menjadi suri tauladan bagi masyarakat. Para polisi harus lebih membuka matanya, mata batin dan mata lahir. Tidak hanya memandang dunia, tapi juga akhirat. Aku yakin, polisi Indonesia baik-baik, yang baik. Walau banyak juga diantara mereka yang tidak baik, menjinjing amanah dengan sebelah tangan.

Lalu, bagaimana menurut kalian? silakan berpendapat...




2 Responses to "Di Punjab, Polisi Berbadan Gendut Dipecat"

  1. haha,, gila keren.. mana ada tuh di Indonesia.. polisi gendut malah tambah gendut.. haha
    gimana kalo ngejar pencuri ya?

    ReplyDelete
  2. @karyakuumykalo yg gendut2 kerjanya bukan ngejar pencuri mas, tapi razia sepeda motor di tanggal muda...hhehee

    ReplyDelete