Siapa Saja Perempuan Yang Tidak Boleh Dinikahi?

Siapa saja perempuan yang tidak boleh dinikahi? Pertanyaan ini muncul dari benak saya sendiri. Biasalah, sebentar lagi saya akan wisuda, dan sudah saatnya saya harus memikirkan kehidupan selanjutnya, hunting for wife. Hehee…

Saya bertanya-tanya dalam hati, siapa saja sih perempuan yang tidak boleh dinikahi? Takutnya, nanti jika saya menikah, ternyata istri saya adalah salah satu orang yang dilarang untuk dinikahi dalam islam. Maka dari itu saya langsung mencari-cari jawabannya dan Alhamdulillah saya mendapatkannya dari sebuah e-book yang berjudul Soal-Jawab Tentang Berbagai Masalah Agama yang ditulis oleh A. Hasan, dkk. Baiklah langsung saja kita simak siapa saja perempuan yang tidak boleh untuk dinikahi.

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman yang artinya:

"Dan janganlah kamu menikah kepada isteri-isteri yang telah dikawin oleh bapa-bapa kamu, melainkan apa yang telah lalu, karena hal itu adalah keji dan dibenci dan jelek perjalanan. Diharamkan atas kamu ibu kamu, dan anak kamu, dan saudara kamu, dan saudara bapa kamu, dan saudara ibu kamu, dan anak saudara laki-laki kamu, dan anak saudara perempuan kamu, dan ibu (susu) yang pernah menyusui kamu, dan saudara kamu yang sesusuan, dan ibu isteri kamu, dan anak tiri kamu yang pada pe­meliharaan kamu yang dari isteri kamu yang telah kamu campuri ; tetapi apabila belum kamu campuri, maka tiada ada halangan bagi kamu, dan isteri anak kamu yang dari turunan kamu, dan di haramkan kamu mengumpulkan di antara dua saudara perem­puan (ya'ni : mengawin kedua-duanya) melainkan yang telah lalu, sesungguhnya Allah itu adalah Pengampun dan Penyayang" (Q.S An-Nisa : 22-23)

Dengan firman ini kita bisa mengetahui, bahwa perempuan yang tidak boleh dinikahi oleh orang Islam itu ada empat belas macam, yaitu seperti :

1.      Bekas isteri bapanya.
2.      Ibunya yang melahirkan dia.
3.      Anaknya sendiri.
4.      Saudaranya sendiri.
5.      Saudara bapanya.
6.      Saudara ibunya.
7.      Anak dari saudaranya laki.
8.      Anak dari saudaranya perempuan.
9.      Perempuan yang pernah menyusui akan dia.
10.  Saudara sesusu.
11.  Ibu isterinya.
12.  Anak tirinya yang ibunya sudah dicampuri olehnya.
13.  Isteri anaknya sendiri.
14.  Saudara isterinya jika dia masih hidup.


Semoga Bermanfaat...

28 Responses to "Siapa Saja Perempuan Yang Tidak Boleh Dinikahi?"

  1. haduh sob, jadi pengen nikah nih hehe
    btw, aku dulu punya saudara sepersusuan lho, kebetulan dia cewek, berarti gak boleh dinikah ya..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah..., dapat ilmu penting di sini ihwal perempuan yang tidak boleh dinikahi. Makasih banyak ya, Mas.

    ReplyDelete
  3. sangat luar biasa bermanfaat sekali pak ulasannya..
    Jadi saya mengetahui tentang perempuan yg tidak boleh dinikahi..

    ReplyDelete
  4. @banyaknama iya mas, tu gak boleh....kalo sampe nikah, waduhhh gwat tuh

    ReplyDelete
  5. Saya mau nanx bisa ngak saya mnikahi wanita jika wanita itu sepupu ayah saya thanks!

    ReplyDelete
  6. @Anonymousboleh kok, sama sepupu aja boleh.....apalagi sepupu ayah,,,
    thanks udah berkunjung....

    ReplyDelete
  7. point ke 4 maksud nya saudara kandung ya gan,,,,??

    ReplyDelete
  8. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
  9. Nice info gan,mantaaab :D salam kenal ya gan :D

    ReplyDelete
  10. Berarti, menikahi sepupu (anak dari saudara ayah) diperbolehkan ya? :)

    ReplyDelete
  11. mau nanya juga nih kalau saudara sepupu (anak dari saudara kandung orang tua misalnya ibu) apakah haram untuk dinikahi, terima kasih

    ReplyDelete
  12. Klo menikahi bibi (sepupu ibu) boleh gak mas??

    ReplyDelete