8BmEg4v8P7uY0xxaFhXUJ46gPclAwvFkbC47Z6LN
Bookmark

Biografi Syaikh Muhammad Al-Arifi Ulama Saudi Arabia


Kali ini saya akan berbicara secara singkat mengenai salah satu tokoh inspiratif saya, beliau adalah Syaikh Muhammad bin Abdurrahman Al-Arifi yang biasa kita kenal Syaikh Al-Arifi. Beliau seorang ulama asal Saudi Arabia. Beliau berasal dari Bani Khalid (Bani Makhzum) yang merupakan Bani dari Shahabat Nabi, Khalid bin Walid –radhiallahu ‘anhu-. Beliau lahir pada 15 Juli tahun 1970. Beliau lulus dari Universitas di Saudi dan menyandang gelar Ph.D. Disertasi S3 beliau ialah “Ara’ Shaykh al-Islam Ibn Taymiyya fi al-Sufiyya – Jam’ wa Dirasah” (Pandangan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tentang Tasawuf)
Syaikh Al-Arifi adalah pendiri dan pembesar organsasi dakwah, serta menjadi komite penasehat mereka. Saat ini, Dr ‘Arifi adalah pendiri & Pembesar berbagai organisasi Dakwah, serta menjadi komite penasehat mereka. Ia juga merupakan anggota dewan penasehat untuk banyak organisasi internasional. Selain sebagai dosen tamu di universitas-universitas Saudi & asing, beliau juga seorang Profesor di King Saud University di Riyadh. Beliau telah memberikan khutbah Jumat selama lebih dari dua puluh tahun di masjid-masjid yang berbeda di Arab Saudi, bahkan di beberapa negara Arab lainnya. Saat ini, beliau menjadi khotib Jumat di masjid al-Bawaardi, yang merupakan masjid besar yang terletak di selatan Riyadh.
Beberapa hal dari beliau yang menginspirasi saya adalah khutbahnya yang lantang, sangat jelas dengan uslub yang sangat masuk ke hati. Maklum sebagai pelajar bahasa Arab saya sangat memperhatikan bahasa yang beliau pakai. Saya ingin mencontoh beliau dalam berkhutbah. Selama berkhutbah ia tak pernah mengandalkan catatan sebagaimana yang dilakukan syaikh-syaikh lainnya. 

Sekitar 2 minggu yang lalu saya pernah bermimpi beliau berkunjung ke pondok saya Gontor, tapi hanya mimpi, heeee. Kemudian, 3 hari setelahnya yaitu pada tangagl 17 Januari lalu beliau datang ke Qatar dan sempat khutbah di masjid besar Abdul Wahhab, Doha, Qatar. Tapi sayangnya, saya mendengar kabar kedatangan beliau jum’at malamnya ketika beliau sudah pergi lagi. Belum waktunya bertemu kali ya?!

Besar harapan saya bisa bertemu beliau langsung. Tidak hanya mendengar khutbah dan ceramahnya lewat Youtube saja. Semoga saja do’a saya terkabul dan semoga umurnya dipanjangkan dan memberikan manfaat bagi ummat, khususnya ummat islam. Aamiin.

Silakan kunjungi website pribadinya di: http://arefe.ws/
Fanpage Facebook: https://www.facebook.com/3refe

Sumber:
http://mahdiy.wordpress.com/2012/09/26/syaikh-al-arifiy-ulama-yang-ganteng/
http://en.wikipedia.org/wiki/Mohamad_al-Arefe

Posting Komentar

Posting Komentar