Seberapa Terhormatkah Penduduk Asli Qatar?

Assalamu'alaikum brothers..
Mudah-mudahan semua selalu dalam lindungan-Nya. Amin. Kita kembali lagi ke Qatar, setelah beberapa hari saya berlibur menulis. Maklum lagi ngurusin blog-blog yang lain (kayak hewan peliharaan ya :-) ). 

Malam hari ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman dan penelitian, heee. Penelitian yang belum sempurna. Hanya berupa pandangan saya beberapa bulan ini. Saya akan bercerita tentang bagaimana para penduduk Qatari (penduduk Qatar asli) sangat dihormati di negaranya. 

Saya tidak tahu pasti penyebab utama kenapa mereka begitu dihormati seolah bak raja di padang pasir. Kalau Emir Qatar, masih sangat wajar kalau penduduk Qatar sangat menghormatinya. Beliau bukan sembarang raja di Qatar, kepemimpinannya sangat dikagumi semua orang. Sangat cerdas dan yang paling penting adalah sangat sayang dan peduli terhadap rakyatnya, begitu kata sebagian orang yang saya tanya disini. 

Lalu bagaiman dengan penduduk Qatar selain Emir? Apa mereka juga sangat dihormati? Ini dia beberapa fakta orang-orang Qatari yang sangat dihormati itu (yang saya ketahui):

1. Jabatan Tinggi
Saya punya teman orang Qatari. Suatu ketika saya pernah bertanya ke dia tentang pekerjaan ayahnya. Katanya, ayahnya direktur utama di suatu perusahaan (wow!). Kalau pun bukan dirut perusahaan, orang Qatari pasti selalu menduduki jabatan kalangan atas dibandingkan dengan penduduk lainnya. Tidak mungkin seorang Qatari bekerja jadi kuli bangunan. Masalah gaji jangan ditanya, ratusan juta perbulannya.

2.  Pelayanan Dalam Berbelanja
Ketika seorang Qatari ingin membeli sesuatu di toko, namun ia berada dalam mobil, maka ia tinggal membunyikan klaksonnya saja tak akan lama pelayan toko akan menghamoirinya, menanyakan apa yang mau ia beli lalu mengantarkannya (enak ya...). Tapi, kalau yang klakson model orang Indonesia atau Filipina, mana mau dia datang ke mobil. Hehee..
Ada juga ketika di mini market, ia meminta pelayan untuk membawakan keranjang dorongnya, lalu menyebutkan apa yang mau ia beli, sang pelayan lah yang mengambilkannya hingga selesai (super sekali ya..).

3. Mobil Kotor Dibersihkan
Kalau orang Qatari mengisi bensin di pom, kalau mobil sang Qatari terlihat kotor, biasanya si pekerja di pom bensin langsung tanggap mengelap kaca mobil itu sampai bersih. Ingat, mereka tidak disurh loh...
Pas gilirann mobil yang saya kendarai ke pom bensin, tidak ada yang mau membersihkan, hehee...nasib!

Jika dilihat dari apa yang saya paparkan diatas, orang Qatari tampak seperti raja dan sombong. Tapi apakah benar demikian? Menurut saya pribadi tidak sepenuhnya benar. Mereka amat sangat ramah dan baik. Dibalik kharismanya yang sangat dihormati, kepedulian mereka sangat tinggi, terlebih kepada orang asing muslim seperti orang Afrika, Rusia, dan lain-lain. 

Mungkin hanya itu saja yang saya ketahui. Kalau ada tambahan atau ada kekeliruan silakan dikomentari. Sudah ngantuk, Wassalam...

2 Responses to "Seberapa Terhormatkah Penduduk Asli Qatar?"

  1. Assalam pak, 2 hari yang lalu saya mendapat tawaran beasiswa di qatar, prosedur ke depan untuk mengurus visanya gimana ya pak?

    ReplyDelete