Tradisi "Pegangan Tangan" Sesama Lelaki Orang India

Tahukah Anda, orang India di Qatar menempati posisi pertama dengan predikat penduduk asing terbanyak. Jumlah mereka sekitar seperempat dari seluruh penduduk Qatar. Katanya sih, orang India di Qatar lebih banyak dari penduduk asli Qatar sendiri (baca: Qatari). 

Baik, beralih ke judul diatas, kali ini saya akan bercerita tentang tradisi "pegangan tangan" sesama lelaki orang India. Saya kira, bagi sebagian kita, jika melihat dua orang laki-laki berpegangan tangan seperti gambar dibawah ini,,,

Maka kita akan berpikir bahwa mereka berdua adalah gay/homoseksual. Tapi apakah benar demikian? Pertama-tama saya di Qatar saya sering sekali melihat fenomena itu. Ketika pulang dari kampus, di Corniche juga di mall-mall. Melihatnya sangat risih plus geli :-). Begitu juga dengan teman saya yang melihatnya keheranan. 

Seiring berjalannya waktu, saya punya teman orang India. Dia sangat baik, rajin ke masjid dan beberapa kali mentraktir saya di restoran. Suatu ketika, setelah sholat ashar kita berjalan sambil asyik ngobrol, saat itu juga dia memegang tangan saya seperti gambar diatas :-D. Saya senyum kegelian dan spontan saya coba menanyakan tentang tradisi bangsa mereka tentang hal itu.

Apa jawaban mereka? Katanya, jika dua orang laki-laki atau lebih saling berpegangan tangan ketika berjalan, itu adalah tanda kedekatan persahabatan mereka, tanda saling menyayangi (sayang sahabat maksudnya), jadi tidak hanya antara perempuan yang saling berpegangan tangan, lelaki pun demikian.

Adapun pandangan yang mengatakan bahwa itu tradisi kaum gay/homo adalah hasil adopsi dari negara barat. Karena di barat seperti itu, dua orang laki-laki saling berpegangan tangan adalah pasangan gay. Tapi di negara kami, itu adalah hal yang wajar dan positif. Bahkan ketika dua orang laki-laki boncengan sepeda motor, tak segan untuk memeluk teman si pengendara motor.

Astaghfirullah....setan sangat pandai mengusik hati saya. Kita tidak sadar, pandangan seperti itu karena kita terlalu terbiasa dengan melihat tradisi barat. Tidak pernah berusaha untuk berpikir positif. Sehingga semua hal yang terlihat tabu, selalu dianggap negatif. Memang benar, dont judge the book from the cover. Uushiikum waiyyaya...

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Tradisi "Pegangan Tangan" Sesama Lelaki Orang India"

Post a Comment