Resensi: Asal-usul dan Perkembangan Fiqh; Analisis Historis atas Mazhab, Doktrin dan Kontribusi

Judul         : Asal-usul dan Perkembangan Fiqh; Analisis Historis atas Mazhab, Doktrin dan Kontribusi
Penulis             : Abu Ameenah Bilal Philips, Ph.d
Penerbit           : Penertbit Nusamedia dan Penerbit Nuansa
Cetakan           : Cetakan I, Februari 2005
Halaman          : 210 halaman
Secara tradisional, perkembangan fiqh dibagi menjadi enam tahapan utama: Fondasi, masa Nabi Muhammad (609-632); Pembentukan, masa Khulafa al-Rasyidin sampai pertengahan abad ke-7 (632-661); Pembangunan, sejak berdirinya Dinasti Umayah (661) sampai kemundurannya (abad ke-8); Perkembangan, dari berdirinya Dinasti Abbasiyah (pertengahan abad ke-8) sampai permulaan kemundurannya (pertengahan abad ke-10); Konsolidasi, runtuhnya Dinasti Abbasiyah (sekitar 960) sampai pembunuhan khalifah Abbasiyah terakhir di tangan orang-orang Mongol (pertengahan abad ke-13); Stagnasi dan Kemunduran, sejak penjarahan kota Baghdad (1258) sampai sekarang.
Dalam buku ini, tahapan-tahapan itu diterangkan dalam kaitannya dengan konteks sosial dan politik yang relevan pada masing-masing periode. Dipaparkan juga secara jeli factor-faktor historis di balik pembentukan hokum Islam (fiqh). Dengan membacanya, pembaca akan menjadi lebih paham menhenai bagaimana dan mengapa muncul beragam mazhab dalam hokum Islam.
Buku ini terbagi ke dalam 11 bab besar dan beberapa sub bab. Dengan sangat jelas diungkapkan sejarah munculnya mazhab-mazhab dalam Islam hinggal hilang satu persatu mazhab tersebut dan akhirnya menyisakan empat mazhab besar dengan perselisihan hingga sekarang, ditambah dengan solusi menghadapi ikhtilaf tersebut.
Buku ini sangat cocok bagi siapa saja yang belum mengerti tentang perbedaan pendapat para ulama, khususnya bagi yang menolak mentah-mentah mazhab empat imam besar dengan beralasan bahwa mazhab yang paling benar untuk diikuti adalah mazhab Rasulullah dengan berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunnah. Selain itu, dipaparkan juga pentingnya keberadaan empat imam besar ini ditengah masyarakat muslim yang kacau balau.

Sebagai masukan, disarankan kepada penerbit buku ini untuk merevisi lagi. Karena banyak ditemukan kesalahan-kesalahan penulisan/pengetikan. Memang sangat remeh, tapi tidak ada salahnya direvisi agar Nampak lebih sempurna lagi dan bermanfaat bagi khalayak masyarakat.            

0 Response to "Resensi: Asal-usul dan Perkembangan Fiqh; Analisis Historis atas Mazhab, Doktrin dan Kontribusi"

Post a Comment