Bagaimana Agar Khusyu' Ketika Sholat?


KaliAkbar.com - Kekhusyu’an dalam sholat masih banyak yang berselisih. Baik diantara satu orang dengan yang lainnya bahkan para ulama satu dengan ulama yang lainnya. Untuk khusyu’ dalam bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh orang biasa seperti kita. Karena untuk khusyu’ dalam sholat dibutuhkan kefokusan jiwa, ruh dan akal. Ketiganya harus berpusat dalam satu arah dan tujuan, yaitu Allah SWT. 

Untuk mencapai khusyu’ dalam sholat ternyata ada kita-kiat yang diberikan beberapa ulama. Diantaranya adalah:
  • Pilihlah tempat yang sepi/tenang. Tidak ada suara berisik, music dan lain sebagainya. Masjid adalah tempat yang paling tepat.
  • Usahakan sholatlah dan di depan kita ada semacam penghalang/dinding/tiang agar pandangan kita tidak diganggu oleh hal lain.
  • Jika kita sholat sendiri, matikanlah lampu agar terasa gelap dan tenang.
  • Gunakan sajadah sebagai alas sholat. Jangan gunakan koran atau lainnya yang bisa mengganggu mata kita saat sholat.
  • Dan hal yang paling gampang untuk bisa khusyu’ dalam shoalt adalah dengan cara memahami lafadz-lafadz yang kita ucapkan ketika sholat. Bayangkanlah kita sedang berbicara dengan Allah SWT.
  • Janganlah memejamkan mata ketika sholat (menurut sebagian ulama itu hukumnya makruh. Salah satu godaan syetan ketika kita sholat).
Masih banyak kiat-kiat agar sholat kita khusyu’ selain yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan kita dapat meningkatkan kualitas sholat kita agar lebih khusyu’ lagi. Ushiikum waiyyaya nafsi. Wallahu a’lam. 

NB: Tulisan ini adalah ringkasan yang saya dapat dari ceramah K.H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi di Masjid UNIDA, Ahad ba'da maghrib 5 Oktober 2014.

Baca juga artikel ini:
Korelasi Sholat Berjama'ah dan Kepemimpinan
Inilah Rahasia Sholat Di Awal Waktu

0 Response to "Bagaimana Agar Khusyu' Ketika Sholat?"

Post a Comment