Menelaah Makna Wukuf di Arafah

Sumber Foto

KaliAkbar.com - Siang hari tadi sekitar 3 juta jemaah haji dari seluruh dunia melaksanakan wukuf di Arafah, di padang luas sebelah timur Kota Makkah, Arab Saudi. Di tanah terbuka yang gersang tanpa bangunan inilah para jamaah haji berkumpul melaksanakan wukuf, bediam diri dan berdo'a disana setiap tahunnya. 

Wukuf yang secara harfiah berarti berhenti atau berdiam diri ini ternyata ada hikmah di balik rukun utama dari haji ini. Diantaranya adalah, bahwa wukuf yang berarti berdiam diri, dimaknai sebagai kematian setelah adanya kehidupan (thawaf). Suatu saat jantung manusia akan berhenti berdetak, matanya akan berhenti berkedip, kaki dan tangannya akan berhenti melangkah dan berkeliat. Dan akhirnya manusia dikumpulkan di padang Mahsyar, yang dimisalkan dengan padang Arafah ini. Sudah siapkah kita untuk dijemput kematian? Berapa banyak dosa yang akan kita bawa ke akhirat kelak? Dan disinilah kita dituntut untuk berpasrah diri hanya kepada Allah. 

Di Arafah lah tempat berkumpulnya jemaah haji yang datang dari berbagai penjuru dunia, yang berbeda-beda bahasa dan warna kulitnya. Tetapi mereka mempunyai satu tujuan yang dilandasi persamaan. Tidak ada perbedaan antara kaya dan miskin, antara besar dan kecil, antara pejabat dan rakyat biasa, disitulah tampak nyata persamaan yang hakiki. Arafah menjadi sepenting-penting syiar haji yang diambil dari kata ta'aruf yang artinya saling mengenal.

Lalu, apa makna puasa arafah yang dilakukan oleh umat muslim yang tidak melaksanakan haji? 
Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Qatadah, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda:"Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lewat dan yang akan datang, dan puasa asyura menghapuskan dosa setahun yang telah lewat" (H.R. Muslim).  Puasa ini sangat dianjurkan kepada umat muslim yang sedang tidak melaksanakan haji. Gunanya, agar mereka dapat merasakan kenikmatan yang sedang dirasakan oleh jemaah haji disana.

Sekiranya masih banyak hikmah dan makna dari wukuf di Arafah ini. Semoga bermanfaat.


Sumber: 
- http://www.wawiti-infohaji.com/2013/10/hikmah-wukuf.html
- https://www.facebook.com/permalink.php?id=490505464318703&story_fbid=490513417651241
- http://aceh.tribunnews.com/2013/10/16/wukuf-di-arafah-dan-maknanya-bagi-kita
- http://hikmahteladan.blogspot.com/2011/11/keistimewaan-puasa-arafah.html

0 Response to "Menelaah Makna Wukuf di Arafah"

Post a Comment