Arti Palu dan Arit di Lambang Komunis

Arti Palu dan Arit di Lambang Komunis - Komunisme identik dengan simbol palu dan arit. Simbol palu dan arit kerap digunakan sebagai lambang di bendera negara maupun partai komunis di dunia.

Simbol palu memiliki makna mewakili buruh. Sedangkan arit sebagai simbol petani. Simbol palu dan arit muncul saat revolusi Bolshevik (Rusia) pada 1917.

Menyilang gambar palu dan arit, sebagai tanda bersatunya kaum buruh dan petani saat terjadinya revolusi di Bolshevik yang dipimpin oleh Lenin. Simbol ini kemudian menjadi identitas para pekerja kasar sebagai solidaritas, pemersatu dan penguat hubungan antar masyarakat.

Besarnya pengaruh revolusi palu dan arit mengakibatkan orang mengidentikkan hal itu sebagai simbol pemberontakan. Dalam perkembangannya, simbol itu tidak hanya digunakan oleh kaum pekerja tapi juga kaum pelajar saat menolak kebijakan pemerintah. Bahkan, simbol ini juga digunakan oleh kaum sosialis yang menjunjung tinggi kesetaraan status.

Sekitar tahun 1922, tentara Rusia yang biasa dikenal tentara merah meresmikan simbol palu dan arit yang menyilang dimasukkan ke dalam lambang partai politik yang kemudian juga dimasukan ke dalam bendera negara Uni Soviet. Lalu, lambang ini memiliki arti lain yang menyatakan bahwa partai komunis menjunjung tinggi para pekerja kasar. 

Alasannya, sudah pasti mengharapkan pendukung partai dapat dihimpun dari para buruh dan petani yang cenderung memiliki massa lebih banyak. Hal itu menyebabkan simbol palu dan arit pun berubah fungsi dan makna sesuai dengan perkembangan zaman.

Yang perlu diingat adalah, bahwa lambang ini tidak berlaku hanya untuk Partai Komunis Indonesia (PKI) tapi juga bagi seluruh partai Komunis di 76 negara di seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya bisa di search di google untuk melihat berbagai macam bendera Komunis.

3 Responses to "Arti Palu dan Arit di Lambang Komunis"

  1. sangat jelas ulasannya...jadi tahu saja arti simbol palu dan arit di lambang komunisme...salam hangat...mari ngopi dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas broo,,,,,saya lagi nge teh nihhh

      Delete
  2. berarti petani di rusia pakai arit juga ya mas?

    ReplyDelete