Dialog Wacana; Syariat Islam dan Sumbangan Pikiran Orang Kristiani

Penulis             : Ign. Gatut Saksono
Penerbit           : CV. Diandra Primamitra Media, Yogyakarta
Cetakan           : Cetakan I, April 2009
Halaman          : 224 halaman
Persoalan Syariat Islam adalah persoalan yang strategis. Usaha penerapannya sudah dimulai sejak sebelum Indonesia merdeka, dilanjutkan pada debat Konstutante tahun 1956-1959, dan setiap menjelang Sidang Umum  MPR setelah berakhirnya Orde Baru. Persoalan Syariat Islam bukan hanya bersangkutan dengan umat Islam. Banyak warga non-muslim yang punya istri/suami, adik/kakak, ayah/ibu, dan anak yang beragama islam. dan sebaliknya, warga muslim banyak yang mempunyai anak/istri/suami/ayah/ibu dan kakak/adik yang bukan muslim. Pengalaman sudah menunjukkan pernikahan lintas agam, pembagian warisan bagi keluarga berbeda agama, dan pendidikan anak telah menimbulkan persoalan karena adanya persepsi yang berbeda di antara pemeluk agama masing-masing tentnag kedua hal tersebut.
Buku ini ditulis untuk menambah memperkaya wacana yang sudah ada selama ini. Adapun kekhasan buku ini adalah secara eksplisit menghadirkan sumbangan pemikiran orang-orang Kristiani tentang wacana Syariat Islam di Indonesia. Suatu problem atau persoalan dalam pemberlakuan syariat islam sebagai hokum positif bukan hanya persoaland alam diri umat islam sendiri melainkan juga warga non-muslim Indonesia.
Karena bpenulis buku ini bukan muslim, maka si penulis menyajikan berbagai wacana tanggapan terhadap Syariat Islam ini bukan hanya dari pemikir Islam tetapi juga dari pihak non-muslim. Dari sini kita dapat memahami bagaimana cara mereka berpikir tentang syarita islam dan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.
Buku ini terbagi ke dalam bebrapa bab besar diantaranya, Pluralisme di Indonesia, Hukum Islam dan Hukum Adat pada Masa Pasca Kemerdekaan, Gerakan Islam Kontemporer dan Upaya Penerapan Syariat Islam di Indonesia, Formulasi Syariat Islam dari Pandangan Muslim, Syariat Islam dalam Pandangan Orang Kristiani, Memadukan Syariat Islam dan HAM. Setiap Bab terbagi lagi ke dalam beberapa sub bab yang belum bisa dipaparkan disini.
Secara umum, buku ini lebih pro terhadap non-muslim yang notabenenya minoritas di negara Indonesia ini. Dia belum megetahui secara mendalam masalah hakikat syariat islam. Buktinya, banyak dalil al-Qur’an yang ditafsirkan secara umu saja, tidak sampai tuntas. 

0 Response to "Dialog Wacana; Syariat Islam dan Sumbangan Pikiran Orang Kristiani"

Post a Comment