Formulasi Nalar Fiqh; Telaah Kaidah Fiqh Konseptual

Penulis             : KH. Maimoen Zubair (Pengantar)
Penerbit           : Khalista Surabaya
Cetakan           : Cetakan II, Maret 2006
Halaman          : 459 halaman

Ushul Fiqh menjadi sebuah syarat jika kita ingin memahami hukum fiqh. Bila diibaratkan, Hukum Fiqh ini adalah sebuah bangunan, dan Ushul Fiqh adalah bahan-bahan bangunannya. Apabila kita ingin membangun sebuah bangunan maka yang perlu kita persiapkan adalah bahan-bahan yang akan membentuk bangunan tersebut. Tanpa pemahaman ushul fiqh yang baik dan benar, pondasi bangunan hukum fiqh yang kita miliki akan sangat rawan runtuh dan mudah digoyahkan.

Tapi pada hakikatnya, ushul fiqh sangat sulit diterapkan oleh mereka yang belum berkapasitas mujtahid. Jika demikian halnya, tanpa harus meninggalkan ushul fiqh, maka alternative yang harus dilakukan adalah mempelajari kaidah-kaidah fiqh. Karena kaidah fiqh adalah intisari dan prinsip-prinsip dasar rancang-rancang hukum fiqh. Hukum-hukum fiqh yang terus berkembang akan mudah dideteksi melalui penalaran kaidahnya. Dengan bahasanya yang ringkas padat, kaidah fiqh akan mudah diingat dan dijadikan rujukan guna menjawab beragam problematika kehidupan yang kian kompleks. Disamping itu, penguasaan atas kaidah fiqh akan memudahkan pemahaman atas tujuan utama syariat Islam (al-maqashid al-syari’iyyah) dan diperolehnya penguasaan hukum secara logis, rasional dan konseptual.

Buku ini memuat rumusan kaidah-kaidah fiqh beserta contoh-contoh persoalan yang dicakupnya, landasan suridis dan pengecualiannya, serta dilengkapi dengan kajian sejarah, metodologi, sistematika, profil tokoh, profil kitab dan catatan kaki yang nyaris lengkap, guna mempermudah penelusuran pada sumber aslinya.

Buku ini terdiri dari dua bab besar yang menjelaskan dan merinci dengan jelas kaidah-kaidah fiqh. Bab pertama tentang Kaidah Aghlabiyyah dan bab kedua tentang Kaidah Mukhtalaf. Sebagai seorang muslim yang taat, buku ini sangat penting untuk kita pelajari dan dikaji secara mendalam untuk mengukuhkan pondasi bangunan hokum fiqh kita. Dengan bahasanya yang mudah dicerna, buku ini akan mengajak kita menembara dalam ruang nalar hukum yang bisa jadi belum pernah kita pikirkan sebelumnya. 

3 Responses to "Formulasi Nalar Fiqh; Telaah Kaidah Fiqh Konseptual"

  1. Ada yang jual buku ini gag??

    ReplyDelete
  2. Saya dulu pernah beli jilid 2nya di pesantren lirboyo...tapi sudah 2x ke sana cetakannya habis melulu...

    ReplyDelete
  3. Kami di Slawi Tegal, sedia buku ini dan buku2 sejenis. :)
    115.000/set (2 jld)
    Hub: Huda Agency 08122504177

    ReplyDelete