Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar Menurut Hadits Nabi

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Demikian dalam al-Qur'an diterangkan. Dan sepengetahuan kita semua, bahwa malam lailatul qadar itu dirahasiakan kedatangannya agar orang Muslim berlomba-lomba dalam kebaikan selama Ramadhan berlangsung. Bayangkan jika malam lailatul qadar itu diberitahu waktu dan tanggal kedatangannya, niscaya ummat Islam tidak akan ada yang beribadah selain malam itu. 

Nah, di sini, ada pertanyaan, apakah Allah memberikan ciri-ciri tertentu tentang kedatangan lailatul qadar? Jika memang demikian, apa saja ciri-ciri kedatangannya? Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang ciri-ciri kedatangan malam lailatul qadar menurut hadits Nabi.


1. Udara serta Suasana Pagi Yang Tenang

Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda:

“Lailatul Qadar merupakan malam tentram serta tenang, tidak terlalu panas serta tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah”

2. Cahaya Mentari Redup

Ada juga hadits nabi yang menginformasikan ciri malam Qadar merupakan jikalau ada cahaya mentari lemah, cerah tidak bersinar kuat keesokannya. Dasarnya dari hadits Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ الشَّمْسَ تَطْلُعُ يَوْمَئِذٍ لاَ شُعَاعَ لَهَا

“Keesokan hari malam Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan” (HR. Muslim)

3. Terkadang Terbawa dalam Mimpi

Malam itu terbawa dalam mimpi, semacam yang terkadang dialami oleh sebagian teman Nabi radliyallahu’anhum.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رِجَالًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُرُوا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْمَنَامِ فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَى رُؤْيَاكُمْ قَدْ تَوَاطَأَتْ فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ فَمَنْ كَانَ مُتَحَرِّيَهَا فَلْيَتَحَرَّهَا فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ

Dari teman Ibnu Umar radliyallahu'anhuma bahwa berbagai orang dari teman Nabi saw diperlihatkan malam Qadar dalam mimpi (oleh Allah SWT) pada 7 malam terbaru (Ramadhan) kemudian Rasulullah saw berkata,”Aku menonton bahwa mimpi anda (tentang lailatul Qadar) terjadi pada 7 malam terakhir. Maka barang siapa yang mau mencarinya jadi carilah pada 7 malam terakhir. (HR Muslim)

4. Bulan Nampak Separuh Bulatan

Ada juga yang menyatakan bahwa malam itu bulan nampak separuh bulatan, sebagaimana hadits berikut ini :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ تَذَاكَرْنَا لَيْلَةَ الْقَدْرِ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَيُّكُمْ يَذْكُرُ حِينَ طَلَعَ الْقَمَرُ وَهُوَ مِثْلُ شِقِّ جَفْنَةٍ

Abu Hurairah radliyallahuanhu berkata, ”Kami sempat berdiskusi mengenai lailatul Qadar di segi Rasulullah SAW, beliau berkata, “Siapakah dari anda yang tetap ingat tatkala bulan muncul, yang berkapasitas separuh nampan.” (HR. Muslim)

5. Malam Dengan Ciri Tertentu

Ciri yang lain dari malam Qadar merupakan malam itu terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang serta tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).

Dasarnya merupakan hadits Ubadah bin Shamit radhiyallahuanhu berikut ini :

إِنَّهَا صَافِيَةٌ بَلْجَةٌ كَأَنَّ فِيهَا قَمَرًا سَاطِعًا سَاكِنَةٌ سَاجِيَةٌ لاَ بَرْدَ فِيهَا وَلاَ حَرَّ وَلاَ يَحِل لِكَوْكَبٍ أَنْ يُرْمَى بِهِ فِيهَا حَتَّى تُصْبِحَ وَأَنَّ مِنْ أَمَارَتِهَا أَنَّ الشَّمْسَ صَبِيحَتَهَا تَخْرُجُ مُسْتَوِيَةً لَيْسَ لَهَا شُعَاعٌ مِثْل الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ وَلاَ يَحِل لِلشَّيْطَانِ أَنْ يَخْرُجَ مَعَهَا يَوْمَئِذٍ

Malam itu merupakan malam cerah, terang, seakan-akan ada bulan, malam yang damai serta tentram, tidak dingin serta tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, hingga pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadr adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, semacam bulan purnama, serta tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu" (HR. Ahmad)

Juga ada hadits yang senada dari hadits Watsilah bin al-Asqa’ dari Rasulullah SAW::

“Lailatu-Qadar merupakan malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang serta tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)” (HR. At-Thabrani)[1]

6. Lezatnya Ibadah

Ada juga pendapat yang berkata bahwa ciri malam Qadar merupakan jikalau orang-orang yang beribadah pada malam tersebut mencicipi lezatnya ibadah, ketenangan hati serta kenikmatan bermunajat terhadap Rabb-nya tidak semacam malam-malam lainnya.

Namun, dari sekian tidak sedikit riwayat yang menawarkan bahwa malam Lailatul Qadar ini memiliki tanda serta alamat yang mampu diketahui serta dirasakan, tidak berarti bahwa setiap orang mampu mengatahui serta merasakannya.

Seorang muslim yang menghidupkan malam-malam Ramadhannya, memungkinkan baginya memperoleh malam Qadar itu tanpa ia ketahui tanda malam mulia tersebut.

Jadi mengenal tanda malam Qadar itu bukan sesuatu yang tentu serta mampu dirasakan oleh semua orang yang menghidupkan malam tersebut.

Imam Thobari mengatakan: "Itu (tanda-tanda Lailatul Qadar) tidak mesti, seorang muslim mampu saja memperoleh malam mulia tersebut serta ia tidak menonton alias mendengar sesuatu dari tanda-tanda itu".

Wallahu a'lam bishshawab, 
Ahmad Sarwat, Lc., MA 
disadur dari Rumah Fiqih Indonesia

4 Responses to "Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar Menurut Hadits Nabi"

  1. semoga kali ini bisa dapet lailatul qodar

    ReplyDelete
  2. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    ReplyDelete
  3. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    https://goo.gl/3G0lA8
    https://goo.gl/kbkvXv
    https://goo.gl/Wyc5ZD
    https://goo.gl/VZrYpa
    http://pintient.com/3EqP

    sabung ayam
    agen terpercaya
    bandar judi
    forum judi

    ReplyDelete