5 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda merasa malas untuk mandi pagi sebelum subuh? Eits,,,lebih baik Anda piker dulu dan baca artikel ini deh! Mungkin Anda belum tahu bahwa mandi sebelum subuh ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Memang sih terasa agak berat. Secara Anda akan merasa kedinginan, rasa malas juga akan menjadi tantangan tersendiri. Tapi  itu hanya di awal-awal saja kok. Jika sudah terbiasa Anda akan merasakan nikmat yang luar biasa.

Manfaat mandi sebelumsubuh ini ternyata sudah disinyalir oleh Nabi kita Muhammad SAW jauh sebelum tim medis kesehatan menemukan manfaat-manfaatnya itu. dalam sebuah riwayat, Rasullulah sallallahu wa alaihi`wa sallam tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga kesehatannya dan salah satu aktivitas rutin Rasullulah adalah beliau selalu menjaga makanan sehari harinya dan selalu mandi sebelum subuh.

Baiklah, berikut ini beberapa manfaat mandi sebelum subuh bagi kesehatan tubuh :

1. Awet Muda
Penuaan biasanya terlihat dari perubahan kulit, seperti munculnya kerutan pada wajah, kulit kusam lingkaran hitam pada bagian mata dan sebagainya. Tapi jika Anda membiasakan diri tersentuh air khususnya sebelum subuh akan membuat kulit Anda halus, sehingga akan membuatnya lebih cerah dan sehat dan dapat menghilangkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

2. Dapat Mencegah Hipertensi
Hipertensi atau yang biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang banyak diderita banyak orang dan ternyata penyakit yang sangat berbahaya. Dulu, biasanya penderita penyakit darah tinggi berkisar umur 40-tahunan, tapi  sekarang di usia muda pun bisa terserang penyakit ini. Subhanallah…mandi sebelum subuh menjadi solusi agar terhindar dari penyekit tersebut.

3. Meningkatkan Sel Darah Putih
Sel darah putih memilki peran penting dalam tubuh manusia. Salah satu fungsinya untuk membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Mandi setiap pagi sebelum subuh sangat membantu meningkatkan sel darah putih. Namun sel darah putih berlebih juga kurang baik untuk ukuran normal antara 4.500 s/d 10.000 sel/microliter. Dalam tubuh terdapat 5 jenis sel darah putih masing-masing memiliki fungsi berbeda, seperti eosinofil, linfosit, neutrofil dan lainnya

4. Bermanfaat Melancarkan Peredaran Darah
Jika peredaran darah berjalan lancar maka maka tubuh akan sehat. Terganggunya sirkulasi darah dalam tubuh akan menghambat asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan dalam tubuh sehingga membuat daya tahan tubuh melemah dan akhirnya semua penyakit akan mudah menyerang. Karena itu membiasakan diri mandi pagi khususnya menjelang subuh sangat baik untuk menjaga peredaran darah berjalan lancar.

5. Dapat Mengurangi Stres
Stres telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia, sehingga sewaktu-waktu bisa saja datang pada siapapun namun stres berlebih tentu akan sangat mengganggu bagi kesehatan, bahkan menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai penyakit, karena nya membiasakan mandi dipagi hari akan sangat membantu mengurangi rasa stres


Akhirnya, yuk kita mandi sebelum subuh. Insha Allah sangat bermanfaat dan nikmat rasanya. Saya sendiri sudah merasakannya. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment