Senyummu Pada Saudaramu Adalah Shadaqah

Senyum adalah salah satu sifat terpuji. Dalam kehidupan manusia, selalu dibarengi dengan duka ataupun suka. Namun sangat sedikit sekali orang yang mendampingi dukanya dengan sebuah senyuman. Kita tidak perlu menampakkan kedukaan kita terhadap orang lain disekitar kita. Pasrahkanlah segala permasalahan kita hanya kepada Allah SWT. Rasulullah sendiri selalu bersenyum jikalau bertemu dengan para sahabat. Alangkah indahnya jikalau kita diberi senyuman yang manis,
n

dari pada bertemu dengan orang yang menampakkan wajah berngis dan ketusnya. Yang perlu kita ketahui, senyum merupakan salah satu amal shadaqah. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya :"Senyummu terhadap saudaramu adalah shadaqah". Andaikata dalam sehari kita belum bisa menshadaqahkan sebagian harta kita pada orang yang tak punya, kita masih bisa bershadaqah minimal dengan tersenyum kepada teman kita. 
Rasulullah telah mengajarkan semua aktivitas keseharian ummatnya dengan sangat sempurna. Beliau tidak pernah marah pada sahabatnya tanpa sebab, karena beliau tak pernah lepas dari senyuman. Beliau disegani oleh orang-orang yang pernah memusuhinya, karena beliau selalu membalasnya dengan wajah penuh senyuman.
Sungguh budi pekerti yang patut kita tiru wahai sobat! Dan kebanyakan orang berpendapat bahwa dengan tersenyum kita dapat memperlambat masa ketuaan kita, telah banyak bukti yang sudah menjadi fakta, orang yang sering marah dalam kesehariannya akan cepat tua, wajahnya lebih cepat keriput daripada orang yang sering senyum. Maka apa salahnya toh kita luangkan beberapa detik waktu kita untuk tersenyum pada orang disekitar kita? 

0 Response to "Senyummu Pada Saudaramu Adalah Shadaqah"

Post a Comment