8BmEg4v8P7uY0xxaFhXUJ46gPclAwvFkbC47Z6LN
Bookmark

11 Channel Youtube Berisi Video Kartun Berbahasa Arab

Belajar Bahasa Arab tidak cukup di kelas saja, tapi harus berkelanjutan. Artinya, harus dilatih terus menerus di manapun kita berada. Salah satu alternatif untuk terus melatih salah satu maharah kebahasaan adalah dengan mendengar dan menonton video-video berbahasa Arab. Di bawah ini kami suguhkan 11 channel youtube yang berisi video-video kartun berbahasa Arab fusha yang sangat layak ditonton. Selain ceritanya yang edukatif serta imajinatif, bahasa yang digunakan juga sangat sederhana dan indah. Sehingga sangat cocok untuk pembelajar Bahasa Arab. Berikut link beserta ulasan singkatnya:


1. علماء المسلمين – Channel العلم والنور

Ada sekitar 30 video yang bercerita tentang ulama muslim pada masa keemasan, diantaranya: Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Birruni, Al-Khawarizmi, dan lain-lain. Dengan bahasa yang mudah dan kisah mendidik serta inspiratif, menjadikannya sangat cocok untuk disimak sebagai tambahan latihan belajar Bahasa Arab.

2. سارة وسعود

Video kartun سارة وسعود sangat menarik untuk ditonton, terlebih anak-anak. Meski fiktif, tapi cerita keseharian Sarah dan Saud sangat layak ditonton oleh pembelajar Bahasa Arab. Dalam setiap episodenya, ada saja kosakata atau ta’bir baru yang bisa dipelajari. Yang lebih menarik lagi, setiap episodenya berisi hikmah-hikmah yang diambil dari ayat al-Qur’an al-Karim.

3. سراج

Siraj adalah sebuah lampu petromak yang bisa terbang. Sangat lucu dan menggemaskan dengan cerita-cerita imajinatifnya. Bahasanya pun sangat sederhana dan biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

4. محسن ومحاسن

Ada 11 video yang disuguhkan untuk pembelajar Bahasa Arab dengan durasi masing-masing sekitar 5 menitan. Singkat namun padat dengan cerita-cerita edukatif.

5. تامر وتمورة

Video kartun ini ada produksi dari Qatar yang kaya akan nilai-nilai keIslaman.

6. تعلم مع زكريا

Ini adalah video pembelajaran Bahasa Arab terutama bagi mubtadi’. Zakariya mengajak kita untuk belajar berbagai macam materi Bahasa Arab dengan ragam metode yang menarik.

7. صدق رسول الله

Ada 30 video yang menyuguhkan kisah-kisah keren berbasis ayat al-Qur’an dan hadits pilihan dari Kitab Shahih Imam Bukhari. Selain itu, juga menceritakan kisah Imam Bukhari secara singkat namun jelas. Sangat penting untuk ditonton!

8. يوميات عبد الرحمن وأحلام

Menceritakan kisah Abdurrahman dan Ahlam diknya serta keluarganya. Video ini berasal dari Mesir dengan Bahasa Arab fusha. Durasi video sangat pendek tapi selalu ada hikmah yang bisa diambil, tentu hikmah Islami.

9. مسلسل خليل الله

30 Video ini berkisah tentang Khalilullah yaitu Nabi Ibrahim AS dengan kartun yang sangat menarik.

10. فواز ونورة

Ada 60 video yang siap ditonton dan dinikmati asalib Bahasa Arabnya. Lucu tapi sangat edukatif dan Islami.

11. قصص الأنبياء في القرآن

Berisi kisah-kisah inspiratif Para Nabi yang diambil dari al-Qur’an. Ada 60 video yang harus kamu tonton sampai habis. 

 

Demikianlah 11 Channel Video Kartun Berbahasa Arab yang bisa kita nikmati. Selain bahasanya, cerita di dalamnya juga sangat edukatif sehingga layak ditonton oleh semua usia. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar