8BmEg4v8P7uY0xxaFhXUJ46gPclAwvFkbC47Z6LN
Bookmark

Beasiswa/Scholarship S1 Qatar University

Banyak dari teman-teman yang bertanya tentang peluang beasiswa/scholarship di Qatar University. Sebagai pemberitahuan, di Qatar University beasiswa hanya diberikan untuk program S1 dan program Bahasa Arab saja, tidak ada beasiswa untuk S2. Satu lagi, di Qatar University tidak ada ujian masuk, seleksi dilakukan melalui kelengkapan berkas-berkas dan nilai ijazah terakhir (tentu ini yang 90% menentukan kelulusan beasiswa). Menurut sepengetahuan saya, Qatar University mematok 9,0 keatas dari nilai ijazah SMA/MA/sejenisnya dan tentunya persaingan sangat ketat. Qatar University akan mengutamakan yang nilainya tinggi. beberapa jurusan yang menggunakan bahasa inggris, siapkan saja TOEFL minimal skor 550. Untuk tahun ajaran 2014/2015, pendaftaran sudah dibukan sejak 30 Maret 2014 sampai dengan 10 Juli 2014. Baik, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk pendaftarannya:
1. Untuk mengetahui jenis-jenis beasiswa yang disediakan, silakan KLIK DISINI
2. Mau langsung daftar? Silakan KLIK DISINI. Disana sudah dijelaskan langkah demi langkah. Tidak mengerti bahasa inggris? oke, lanjut ke nomor selanjutnya.
3. KLIK DISINIJika Anda pertama kali mendaftar maka Anda wajib membuat User ID dan PIN (PIN terdiri dari 6 digit angka). Klik First Time User Account Creation. Lihat gambar di bawah ini!
klik untuk memperbesar gambar
4. Setelah selesai membuat User ID dan PIN lalu masuk/login. Anda akan diminta memilih jenis pendaftaran kuliah. Akan ada banyak pilihan. Silakan pilih Undergraduate First Year. Lalu klik Continue.
5. Isi formulir selanjutnya sesuai yang diminta. Lalu klik Continue.
6. Di halaman selanjutnya, ada 13 poin yang harus kita isi satu persatu. Silakan Anda bukan satu persatu dan isi sesuai yang diminta di formulir tersebut. Ketika selesai satu poin, klik Continue untuk melnajutkan ke poin selanjutnya. Isi semuanya sampai selesai. Oya, di poin nomor 2 ada permintaan mengisi nomor Qatar ID. Isi saja dengan angka 0 sebanyak 11 kali. Jika selesai sampai angka 13 berarti Anda sudah selesai mengisi semuanya maka coba untuk mengeceknya kembali sebelum diajukan. 
7. Kalau sudah yakin silakan klik Aplication is Complete.
klik untuk memperbesar gambar
8. Di halaman selanjtnya Anda diminta untuk membayar uang pendaftaran sebanyak QR 200 atau Rp 660.000 (kira-kira). Anda bisa membayarnya melalui VISA/Credit Card.
9. Nanti akan ada email bahwa pendaftaran online Anda sudah diterima dan Anda diminta mengirimkan berkas-berkas ke Qatar University. Adapun berkas-berkas yang diminta adalah:
  • Ijazah yang sudah dilegalisir kedutaan Qatar dan sudah diterjemahkan kedalam bahasa Arab/Inggris
  • Fotocopy passpor 
  • Foto berwarna
  • Surat keterangan dokter (terjemah inggris/arab)
  • TOEFL (kalau dibutuhkan)
  • Saya lupa lainnya. Di email akan diberitahu apa saja yang harus dikirimkan.
10. Selamat mendaftar semoga berhasil ya….. 🙂

Ingat, penerimaan sangat sulit dan persaingan sangat ketat. Tapi, apa salahnya dicoba dulu. Yang tahu masa depan kita hanya Allah 🙂


Posting Komentar

Posting Komentar