8BmEg4v8P7uY0xxaFhXUJ46gPclAwvFkbC47Z6LN
Bookmark

Pelatihan PowerPoint, Persiapan Workshop PKU Gontor Angkatan ke-16

UNIDA Gontor - Hari ini, Senin, 19 September 2022, menjadi moment yang spesial bagi saya pribadi. sekitar 2 hari yang lalu salah staf PKU meminta saya menjadi pemateri pelatihan PowerPoint bagi peserta PKU angkatan ke 16. Ini adalah kali kedua saya mengisi materi PowerPoint. Alhamdulillah...

Adanya materi PowerPoint ini, menurut saya, mengingat begitu pentingnya pembekalan bagi peserta PKU sebelum mereka menjalani workshop di beberapa kampus di akhir program PKU ini. Besar harapan penyampaian materi akan lebih maksimal dengan bantuan slide powerpoint mereka. Selain itu, sering ditemukan penyampaian materi/makalah yang kurang menarik, alur ide yang tidak terstruktur, dan lain sebagainya menjadi faktor pentingnya materi pelatihan powerpoint ini bagi mereka.

Sebetulnya, yang seharusnya menyampaikan materi ini adalah Ustadz Achmad Farouq Abdullah. Karena beliau berhalangan, akhirnya saya mewakili. Maka dari itu, semua materi yang saya sampaikan dari beliau. Termasuk slide yang disampaikan dan buku rujukannya. Jazakumullah khairan...

Apa yang disampaikan Ustadz Hamid dahulu, pagi ini saya sampaikan kembali ke kawan-kawan PKU angkatan 16. "Apa yang ditulis di powerpoint hanya 30% dari apa yang disampaikan, dan apa yang disampaikan hanya 30% dari yang tertulis di makalah"". Demikian yang pernah saya dengar dari Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A. Ed., M.Phil. yang saat itu masih menjadi Direktur Program Kaderisasi Ulama (PKU). Saat itu tahun 2015 awal, kami di dalamnya menjadi peserta PKU angkatan ke 8. Sekarang, beliau menjadi Rektor Universitas Darussalam Gontor.

"Ada 3 unsur penting dalam workshop PKU ini: makalah yang baik, penyampaian yang baik dan slide powerpoint yang baik". Kurang lebih begitu yang sering saya dengar langsung dari Ustadz Hamid. Jika peserta bisa memberikan yang terbaik pada 3 unsur tersebut, artinya presentasinya baik. Minimal, salah satu dari 3 unsur tersebut harus tersajikan dengan baik. 

Saya awali materi dengan perkenalan dan menyampaikan sedikit pengalaman saat menjadi peserta PKU. Dilanjut pengantar powerpoint dan kemudian materi. Sayang, waktunya sangat terbatas sehingga belum sempat praktek banyak. Padahal, untuk belajar powerpoint tidak cukup hanya beberapa jam saja. Butuh waktu khusus pendalaman yang kemudian dilanjutkan dengan latihan mandiri.

Saya sampaikan kepada mereka bahwa mendesain slide makalah pada powerpoint ini adalah sebuah hiburan. Ya, hiburan dari segala aktifitas ilmiah yang ada di program PKU. Saya paham, setiap hari mereka harus membaca beberapa buku, merangkumnya dan diakhiri dengan diskusi antar mereka. Membedah segala jenis buku dari Timur ke Barat, berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris. 

Di akhir, saya menekankan prinsip utama pada slide powerpoint adalah kontras antara warna background dan tulisan. Yang ditampilkan hanya keyword saja, tidak perlu banyak kalimat. Selain itu, gambar dan tulisan harus relevan. 

Selamat dan sukses untuk workshopnya kawan-kawan PKU angkatan 16.

Informasi lebih lanjut tentang Program Kaderisasi Ulama UNIDA Gontor, kunjungi langsung website resminya: PKU UNIDA Gontor

Posting Komentar

Posting Komentar