8BmEg4v8P7uY0xxaFhXUJ46gPclAwvFkbC47Z6LN
Bookmark

5 Game Pembuka Kelas Agar Lebih Semangat Belajar

KaliAkbar.com - Seorang guru dituntut untuk dapat membuat siswanya semangat dalam belajar. Itulah salah satu tantangan guru. Tidak hanya cukup memiliki ilmu, tapi juga harus pandai bagaimana mentransfer ilmu tersebut ke siswa didiknya. 

Ada banyak trik atau strategi agar suasana kelas lebih atraktif. Salah satunya adalah dengan menerapkan game atau permainan sebelum dimulainya pelajaran. Game ini biasanya dimulai di saat membuka kelas. Biasanya, siswa sedang tidak baik-baik saja di setiap pergantian pelajaran. Ada yang tidur di atas meja, ribut sama temannya, bermain sendiri dan lain-lain. Oleh karena itu, game ini diharapkan dapat mengembalikan fokus siswa ke pelajaran. 

Berikut 5 game pembuka kelas agar siswa lebih semangat dalam memulai pelajaran:

1. Rumput dan Susu

Game ini dinamakan rumput dan susu karena ini menjadi pertanyaan pamungkas yang ditanyakan guru kepada siswanya. Pertama, guru bertanya kepada siswa:"Anak-anak, rumput warnanya.....?", maka siswa akan menjawab:"Hijau". Guru melanjutkan pertanyaan:"Anak-anak, singa makan....?". Nanti anak-anak bisa jadi akan menjawab:"Rumput....". 

Ini adalah permainan konsentrasi karena siswa dituntut untuk fokus pada apa yang ditanyakan oleh gurunya. Begitu seterusnya anda bisa membuat pertanyaan-pertanyaan serupa yang dapat mengecoh siswa. 

2. Lempar Spidol

Lempar spidol juga game yang bertujuan untuk membuat siswa fokus pada apa yang terjadi. Pertama, guru melemparkan spidol ke atas dan menangkap kembali dengan tangannya. Selama spidol tersebut dilembar (di atas tangan), maka siswa diminta untuk tepuk tangan sampai spidol itu jatuh kembali di tangan guru. Variasikan tingkat ketinggian lemparan spidol tersebut sehingga mengecoh siswa. Oh ya, dalam hal ini tidak harus spidol ya. Bisa pulpen, mainan kecil, kapur dan lain-lain. 

3. Guru Berkata

Dalam game ini siswa harus melakukan aktifitas apa saja yang diminta oleh guru. Syaratnya, guru harus mengawali perintahnya dengan 'Guru Berkata'. Contoh: "Guru berkata...silakan berdiri", maka siswa harus berdiri. "Guru berkata...menghadap kanan". Siswa menghadap kanan. Setelah sekian perintah dari guru, lalu guru mempersilakan siswa untuk duduk: "Silakan duduk...". Maka biasanya siswa langsung duduk tanpa mereka sadari bahwa perintah tersebut tidak diawali dengan 'guru berkata'. 

4. Kebalikan

Siswa melakukan kebalikan dari apa yang diperintahkan guru. Misalnya guru menyuruh "Silakan duduk!", maka siswa harusnya berdiri. "Ayo berdiri..!"harusnya siswa duduk. Demikian seterusnya sampai siswa terkecoh.

5. Lakukan Apa yang Dilihat

Siswa harus melakukan aktifitas apa yang diperintahkan oleh gurunya, namun sesuai apa yang dipraktekan, bukan apa yang diucapkan oleh guru. Misalnya, guru menyuruh: "Pegang telinga...", padahal gurunya memegang hidung. Maka siswa wajib memegang hidung, bukan telinga. Demikian seterusnya.

Demikian 5 game pembuka kelas agar siswa kembai bersemangat dalam memuali pelajaran. Intinya, permainan ini adalah merangsang mereka agar lebih fokus dan konsentrasi sehingga tidak ribut sendiri-sendiri.

Sumber: Youtube

Posting Komentar

Posting Komentar