Antrian Terpanjang Versi Gontor on The Spot

Antrian Terpanjang Versi Gontor on The Spot - Budaya antri adalah budaya orang-orang sukses dan berdisiplin tinggi. Dengan antri, kesabaran dan kesungguhan pun teruji. Siapa manusia yang suka antri? Saya yakin tak ada, apalagi antriannya panjang tak karuan. Karena menunggu adalah salah satu hal yang sangat menyebalkan, itu kata musisi bandnya Zivillia. Di Pondok Modern Darussalam Gontor, antri menjadi hal yang sudah tak asing lagi. Bahkan, ia sudah mendarah daging dan merupakan sunnah pondok. Kok bisa? Tentu! karena segala Sesuatu yang kita lihat, kita dengar, kita kerjakan dan kita rasakan semuanya adalah pendidikan. Termasuk didalamnya budaya ngantri, yang dalam bahasa Gontornya disebut tobur.
Mungkin kita sering melihat antrian panjang. Antri di bank, antri pembagian sembako, pembagian zakat, beli tiket konser dan lain-lain. Ternyata, di Gontor pun ada antrian yang tak kalah panjangnya. Kelebihannya, tentu antrian ini sangat unik dan tak akan ada di tempat manapun di dunia. Inilah 7 antrian terpanjang versi Gontor on The Spot:

1. Antrian di dapur umum santri
Antrian terpanjang pertama dapat anda saksikan di dapur umum santri. Ketika jam makan tiba, tentunya, makan menjadi sasaran utama. Siapa yang ingin berlama-lama menunggu makan sampai perut keroncongan. Di rumah, jika kita ingin makan, tinggal pergi ke dapur dan hidangan siap disantap tanpa menunggu antrian. Di beberapa restoran, disediakan prasmanan agar pelanggannya tidak lama menunggu. Akan tetapi, untuk mendidik santri-santrinya, Gontor tetap setia dengan filosofinya yang sudah tertanam sejak berdirinya pada tahun 1926. Para santri harus rela mengantri untuk mendapatkan jatah makannya. Pada saat inilah, para santri dituntut untuk mengisi waktu luangnya. Biasanya, waktu antri yang kurang lebih bisa mencapai setengah jam ini dimanfaatkan untuk membaca kutaib (buku kecil kumpulan kosa kata bahasa arab/inggris). Ketika hari ujian tiba, anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat fantastis. Di dapur umum, akan tampak antrian kutu buku. Ya, karena mereka ngantri sambil baca buku, bahkan sambil makan. Tak percaya? Datanglah ke Gontor!

2. Antrian di kamar mandi
Antrian terpanjang kedua dapat anda temukan di kamar mandi. Antrian ini pun tak kalah panjangnya. Dengan ditemani sabun dan sikat gigi, para santri tampak asyik bersenda gurau dengan teman-temannya. Pada saat inilah keakraban persahabatan tercipta. Para santri saling menghargai satu sama lain. Tidak ada seorang pun yang berteriak dan menggedor pintu. Semuannya antri sesuai urutannya. Sangat indah!

3. Antrian kuitansi/surat izin
Anda mungkin sudah terbiasa melihat antrian panjang di jalanan ketiak pembagian sembako ataupun pembelian tiket di gelora Bung Karno. namun, antrian terpanjang versi Gontor on The Spot selanjutnya dapat anda saksikan tatkala para santri antri untuk mengambil surat izin perpulangan awal tahun dan akhir tahun. Para santri akan antri memanjang sepanjang jalan dari Masjid sampai gedung Sudan. Para santri pun rela mengantri wlaaupun dibawha sengatan matahari demi liburan  yang dinantikan. 

4. Antrian di bagian administrasi
Jika anda pernah pergi ke suatu bank, tentunya anda akan disuruh untuk mengantri samapi mendapatkan giliran. Namun, hanya dalam beberapa menit anda akan cepat mendapatkan giliran. Lain halnya di Gontor, Anda akan menemukan antrian para santri yang ingin mengambil wesel, paket kiriman dari orang tua, menabung, ataupun pembayaran SPP dan uang makan bulanan. 

5. Antrian masuk kelas
Pondok Modern Darussalam Gontor selalu menekankan kepada para santrinya untuk selalu berdisiplin. Tidak bisa dipungkiri segala kesuksesan berawal dari kedisiplinan, dan tidak akan ada kedisiplinan tanpa ada keteladanan. Maka, jangan coba-coba untuk telat masuk kelas. Karena antrian panjang akan menanti anda. Para santri yang telat masuk kelas akan mengantri untuk ditulis namanya di black list KMI. Hahaaa....ingat masa lalu.

6. Antrian Mie Ayam La-Tansa
Mie ayam, adalah makanan yang mudah kita dapatkan dimana saja. Tapi di Gontor, tidak mendapatkan mie ayam. Para santri harus bersusah payah untuk dapat mencicipi mie ayam terlezat di bumi Darussalam ini. Inilah antrian terpanjang keenam versi Gontor int The Spot

7. Antrian cukur rambut
Pernahkan anda melihat antrian panjang ketika cukur rambut? Jika belum, bercukurlah di Gontor. Maka anda akan menyaksikan pemandangan yang mungkin tak akan terbayangkan sebelumnya. Anda akan terheran-heran, karena akan ada ratusan santri yang antri menunggu gilirannya. Fenomena ini dapat anda temukan dengan mudah terutama sebelum liburan Pondok Modern Darussalam Gontor. Bagi santri Gontor, berambut panjang bukanlah model masa kini. Terlalu panjang dan acak-acakan justru tidak mencerminkan peradaban gontor yang dinamis. Ketika ujung rambut telah menyentuh teling, itu tandanya anda harus mencukur rambut dan wajib ngantri. Kalau tidak dicukur, bersiaplah karena bagian keamanan akan dengan tanggap memotong bagian belakang rambut anda sehingga membekas layaknya lubang celengan. 

Inilah 7 antrian terpanjang versi Gontor on The Spot. Budaya antri akan tetap membudaya karena sudah menjadi sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor. Saling menghargai hak orang lain dan melatih kesabaran santri. 
7 Antrian terpanjang versi Gontor on The Spot ini terekam dan didokumentasikan dalam sebuah video yang diputar dalam acara Panggung Gembira 687 pada 18 Oktober 2012 lalu. Penasaran ingin lihat videonya? Silakan download DISINI.

Asykuru ila man shona'a wa wadlo'ahu fi internet, akh Choy wa akh Dafik dkk. Super kreatif, imajinatif, good idea!!!




0 Response to "Antrian Terpanjang Versi Gontor on The Spot"

Post a Comment