Keistimewaan Masjid di Qatar

Kenapa saya katakan keistimewaan? Apakah ada perbedaan antara masjid di Indonesia dan di Qatar? Tentu ada. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-persatu keistimewaan masjid di Qatar dibandingkan dengan di Indonesia.


1. Ada Imam dan Muadzin Khusus
Mungkin di sebagian masjid di Indonesia juga ada imam dan muadzin khusus. Tapi hanya sebagian kecil, karena luas negara kita yang jauh beribu kali lipat dibandingkan Qatar sehingga tidak memungkinkan untuk mengatur seluruh masjid di Nusantara. Sementara di Qatar, setiap masjid sudah pasti ada muadzin dan imamnya masing-masing. Masjid kecil ataupun besar. Untuk pengetahuan saja, sekarang di Qatar terdapat kurang lebih 2500 masjid. Para imam dan muadzin berasal dari negara yang berbeda, Yaman, Mesir, Emirat, Syiria, Bangladesh, India, bahkan ada juga muadzin yang dari Indonesia. Tapi khusus Imam masjid, diutamakan dan memang wajib dari negara Arab dikarenakan Qatar adalah negara Arab disamping itu seorang imam masjid diberi tanggungjawab untuk menjadi khotib setiap jum'atnya. 

2. Ada Penjaga masjid/pekerja
Masjid di Qatar tampak selalu bersih dan rapi di setiap waktu karena setiap masjid ada pekerjanya masing-masing. Kalau masjid kecil cukup 1 orang saja, sedangkan masjid agak besar bisa 2-3 pekerja. 

3. Jaraknya yang berdekatan
Disini kita akan sangat mudah menemukan masjid. Karena lokasinya yang saling berdekatan. Jarak antara masjid sekitar 100-200 meter. Hal ini mungkin bertujuan agar para jama'ah dapat mudah pergi ke masjid agar tidak ketinggalan sholat berjama'ah. 

4. Penyamaan jadwal sholat
Penyamaan jadwal sholat ini secara menyeluruh di Qatar. Dengan ditempelkannya jadwal sholat yang sama dan jam khusus. Jadi, ketika tiba waktu sholat, secara bersama-sama adzan akan dikumandangkan. Indahnya...

5. Fasilitas di dalam masjid
Apa saja fasilitas yang ada di masjid? Karena Qatar negara kaya, tak heran jika fasilitas masjid sangat diperhatikan, tentu sesuai kebutuhan. Fasilitasnya antara lain, semua masjid berkarpet permanen, jadi pekerja tidak repot-repot lagi ngepel lantai masjid, cukup membersihkannya dengan alat penghisap debu. Kemudian disediakan tissue di dalam masjid dan di tempat wudhu. Selain itu yang tidak boleh ketinggalan adalah AC. Yap, karena semua bangunan di Qatar harus mempunyai AC, kalo tidak bisa terpanggang ketika musim panas nanti :-).


Mungkin itu sebagian kecil keistimewaan masjid di Qatar yang saya ketahui. Semoga Indonesia bisa sedikit mencontoh Qatar ya, bukan hanya dalam segi fasilitas, tapi juga segi ibadahnya juga, sehingga tampak nuansa keislamannya. Aamiin...

2 Responses to "Keistimewaan Masjid di Qatar"

  1. Assalam pak, 2 hari yang lalu saya mendapat tawaran beasiswa di qatar, prosedur ke depan untuk mengurus visanya gimana ya pak?

    ReplyDelete