Beasiswa/Scholarship S1 Qatar University


Assalamu'alaikum...
Banyak dari teman-teman yang bertanya tentang peluang beasiswa/scholarship di Qatar University. Sebagai pemberitahuan, di Qatar University beasiswa hanya diberikan untuk program S1 dan program Bahasa Arab saja, tidak ada beasiswa untuk S2. Satu lagi, di Qatar University tidak ada ujian masuk, seleksi dilakukan melalui kelengkapan berkas-berkas dan nilai ijazah terakhir (tentu ini yang 90% menentukan kelulusan beasiswa). Menurut sepengetahuan saya, Qatar University mematok 9,0 keatas dari nilai ijazah SMA/MA/sejenisnya dan tentunya persaingan sangat ketat. Qatar University akan mengutamakan yang nilainya tinggi. beberapa jurusan yang menggunakan bahasa inggris, siapkan saja TOEFL minimal skor 550. Untuk tahun ajaran 2014/2015, pendaftaran sudah dibukan sejak 30 Maret 2014 sampai dengan 10 Juli 2014. Baik, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk pendaftarannya:

1. Untuk mengetahui jenis-jenis beasiswa yang disediakan, silakan KLIK DISINI

2. Mau langsung daftar? Silakan KLIK DISINI. Disana sudah dijelaskan langkah demi langkah. Tidak mengerti bahasa inggris? oke, lanjut ke nomor selanjutnya.

3. KLIK DISINIJika Anda pertama kali mendaftar maka Anda wajib membuat User ID dan PIN (PIN terdiri dari 6 digit angka). Klik First Time User Account Creation. Lihat gambar di bawah ini!

klik untuk memperbesar gambar

4. Setelah selesai membuat User ID dan PIN lalu masuk/login. Anda akan diminta memilih jenis pendaftaran kuliah. Akan ada banyak pilihan. Silakan pilih Undergraduate First Year. Lalu klik Continue.

5. Isi formulir selanjutnya sesuai yang diminta. Lalu klik Continue.

6. Di halaman selanjutnya, ada 13 poin yang harus kita isi satu persatu. Silakan Anda bukan satu persatu dan isi sesuai yang diminta di formulir tersebut. Ketika selesai satu poin, klik Continue untuk melnajutkan ke poin selanjutnya. Isi semuanya sampai selesai. Oya, di poin nomor 2 ada permintaan mengisi nomor Qatar ID. Isi saja dengan angka 0 sebanyak 11 kali. Jika selesai sampai angka 13 berarti Anda sudah selesai mengisi semuanya maka coba untuk mengeceknya kembali sebelum diajukan. 

7. Kalau sudah yakin silakan klik Aplication is Complete.

klik untuk memperbesar gambar

8. Di halaman selanjtnya Anda diminta untuk membayar uang pendaftaran sebanyak QR 200 atau Rp 660.000 (kira-kira). Anda bisa membayarnya melalui VISA/Credit Card.

9. Nanti akan ada email bahwa pendaftaran online Anda sudah diterima dan Anda diminta mengirimkan berkas-berkas ke Qatar University. Adapun berkas-berkas yang diminta adalah:
  • Ijazah yang sudah dilegalisir kedutaan Qatar dan sudah diterjemahkan kedalam bahasa Arab/Inggris
  • Fotocopy passpor 
  • Foto berwarna
  • Surat keterangan dokter (terjemah inggris/arab)
  • TOEFL (kalau dibutuhkan)
  • Saya lupa lainnya. Di email akan diberitahu apa saja yang harus dikirimkan.
10. Selamat mendaftar semoga berhasil ya..... :)

Ingat, penerimaan sangat sulit dan persaingan sangat ketat. Tapi, apa salahnya dicoba dulu. Yang tahu masa depan kita hanya Allah :)


Baca juga artikel ini: Daftar Beasiswa Program Bahasa Arab di Qatar University
Baca juga Daftar Link Beasiswa Dalam dan Luar Negeri
Baca juga : Beasiswa Brunei Darussalam 2015

12 Responses to "Beasiswa/Scholarship S1 Qatar University"

  1. Assalam pak, 2 hari yang lalu saya mendapat tawaran beasiswa di qatar, prosedur ke depan untuk mengurus visa sampai keberangkatannya gimana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tawaran dri mana yah mas, mungkin bisa di bagi infonya!!!

      Delete
  2. Untuk tamatan tahun 2015 ada gk kak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Program ini dibuka setiap tahun. Untuk tamatan 2015 bisa daftar akhir2 tahun ini. Untuk infonya bisa dicek langsung ke websitenya.

      Delete
  3. untuk bahasa pengantar di sana apa ya?
    http://www.razisolutions.com/2015/05/reach-first-page-of-google-only-3-hours.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jurusan yang diambil mas, Arab atau Inggris. Kalo kehidupan asrama juga demikian, campur.

      Delete
  4. Saya login kenapa ya tidak bisa? apa karena belum buka? bukanya sekitar tanggal berapa ya? saya ingin sekali belajar bahasa Arab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pendaftaran belum dibuka. Nanti saya kabari lagi insha Allah :)

      Delete
  5. Mas itu translate ijazahnya dimana?
    Trus apa passpor dan toefl itu wajib jika kita belum mempunyai paspor dan toefl bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Translate ijazah di penerjemah resmi. Bisa di Jakarta. Nomer kontak bisa saya kasih jika mau.
      Passpor tentu wajib kalo kita mau ke luar negeri mas. Adapun TOEFL itu tergantung jurusan yg kita inginkan. Ada yang mensyaratkan, ada juga yang tidak. Tapi lebih baiknya pakai TOEFL. :)

      Delete