Pluralisme Agama Telaah Kritis Cendikiawan Muslim

0

Buku               : Pluralisme Agama Telaah Kritis Cendikiawan Muslim

Penyunting      : Adnin Armas

Penerbit           : INSISTS, Jakarta Selatan

Cetakan           : Pertama, 1434

Tebal               : xx + 221 halaman

Penulis           : Hasbi Arijal, M.Ag.


Pluralisme Agama merupakan paham yang telah mewabah menikam pemikaran Umat Islam Indonesia. Paham ini merayapi sisi-sisi kehidupan umat. Dalam bidang politik, pendidikan, sampai syariah. Sedikit banyak tersebarnya paham ini dibermacam sisi kehidupan, telah menghadirkan kekeliruan yang besar dalam pola pikir umat, khususnya kaum muda.

Buku yang ada ditangan pembaca ini merupakan kompilasi dari makalah ilmiah oleh beberapa cendikiawan Muslim yang konsen dalam bidang pemikiran Islam. Pada awalanya tulisan-tulisan tersebut secara umum sudah diterbitkan disalah satu majalah pemikiran yang bernama ISLAMIA. Setelah 8 tahun berlalu, sejak penerbitan dua edisi ISLAMIA tersebut, INSISTS memutuskan untuk kembali menerbitkan dua edisi Jurnal ISLAMIA tersebut dalam bentuk buku. Buku Pluralisme Agama: Telaah Kritis Cendekiawan Muslim yang disunting oleh Direktur Eksekutif INSISTS, terdari dari dua bagian utama. Bagian pertama menghadirkan 3 tulisan yang berisi bahasan mendalam mengenai gagasan Kesatuan Transenden Agama-Agama. Bagian Kedua berisi 5 tulisan yang berisi telaah kritis atas gagasan Teologi Global.

Tulisan pada bagian pertama ialah: “Gagasan Frithjof Schuon tentang Titik-Temu Agama-Agama” karya Adnin Armas; “Ibn al-‘Arabi tentang Pluralisme Agama” karya Mohd Sani Badron; dan “Kesatuan Transenden Agama-Agama: Sebuah Tanggapan Awal” hasil telaah Wan Azhar Wan Ahmad. Sementara bagian ke-2 terdiri dari tulisan berjudul “Pluralisme dan Persoalan Teologi Kristen” karya Adian Husaini; “Agama dalam Pemikiran Barat Modern dan Pascamodern” karya Hamid Fahmy Zarkasyi; “Dekonstruksi Arkoun terhadap Makna Ahl al-Kitab” karya Malki Ahmad Nasir; “Konsep Ahl al-Kitab dalam Tradisi Islam” karya Muhammad Azizan Sabjan dan Noor Shakirah Mat Akhir; serta “Tafsir Ayat-Ayat Ahl al-Kitab” hasil pemikiran Fahmi Salim. INSISTS juga membuka peluang kerjasama bagi pihak-pihak yang berminat untuk melakukan bedah buku atau menjadi penyalur penjualan buku Pluralisme Agama: Telaah Kritis Cendekiawan Muslim.

Secara keseluruhan, buku ini cukup bagus untuk menjadi bacaan awal dalam kajian dua golongan besar pluralisme agama, baik itu teologi global atau world theology dan tren kesatuan agama-agama. Akan tetapi, sebagai salah satu karya ilmiah dari segi sisi penulisan setidaknya ditampilkan dengan bahan-bahan material yang elegan dan berwibawa seperti dari pemilihan kertas dan cover buku tersebut.

Sejauh itu semua, buku ini tetap menjadi rujukan untuk para pegiat wacana keislaman kontemporer guna mengantisipasi dan menjaga aqidah dari serangan-serangan ideologi asing yang banyak menyesatkan. Wallahu ‘alam bi showwab.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)