Tips Cerdas Menjalankan Bisnis Online dan Offline

0

Di dunia bisnis kadangkala ada orang yang bertanya mengenai mana yang lebih menguntungkan menjalankan bisnis online atau offline. Penyebabnya adalah karena mereka belum tau tips menjalankan bisnis online dan offline tersebut.

Padahal jika dipikir-pikir kembali, kedua cara ini dapat anda satukan agar bisa jadi sebuah strategi marketing yang sangat hebat. Jadi anda bisa menjalankan bisnis online maupun offline bersamaan.

Dengan mengkombinasikan keduanya, tentu saja anda akan memperoleh keuntungan double. Jika anda berminat untuk menjalankan keduanya anda bisa simak beberapa tips cerdas menjalankan bisnis online dan offline.

Apa Saja Tips Cerdas Menjalankan Bisnis Online dan Offline?

1. Membuat Fokus Tunggul dari Keduanya

Tips cerdas menjalankan bisnis online dan offline yang pertama yaitu anda perlu membuat fokus tunggal bagi kedua sumber media, serta mempertemukan titik temu dari keduanya.

Contohnya jika anda memasarkan suatu produk di surat kabar atau papan reklame. Maka untuk pemasaran di televisi maupun iklan digital juga harus dengan produk dan layanan yang sama.

Dan untuk pemasaran offline juga sama yaitu, misalnya seperti poster atau flyer semuanya itu juga harus mengarah kepada halaman online bisnis yang anda geluti. Disertai pula dengan web dan QR code yang dapat di scan.

2. Membuat Content yang Relevan

Tips cerdas menjalankan bisnis yang selanjutnya yaitu dengan cara membuat konten yang relevan. Membuat content yang bermanfaat baik itu secara online atau pun offline sangat penting sekali dilakukan.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membuat konten yang relevan yang mana tidak menunjukkan promosi, agar bisa lebih alami beresonansi kepada orang-orang yang memerlukan informasi tersebut.

Jadi di sini tugas bisnis anda yaitu dengan cara membantu orang-orang tersebut agar memperoleh informasi di situs website bisnis anda.

3. Merancang Strategi Cross Promotion

Tips cerdas menjalankan bisnis online dan offline lainnya yaitu dengan cara merancang strategi cross promotion. Bentuk pemasaran online dan offline tersebut juga bisa dilakukan secara bersamaan dalam mempromosikan bisnis anda.

Contohnya jika anda sedang merencanakan suatu iklan tv besar, maka anda bisa mencoba untuk memanfaatkan beberapa media offline. Misalnya seperti billboard, agar bisa menarik minat para masyarakat atau anda juga dapat memasang spanduk dan countdown.

Cara lainnya yang dapat anda coba yaitu dengan memakai materi iklan atau visual supaya bisa mendorong para audiens untuk mengunjungi halaman tertentu, agar bisa menangkap informasi yang anda buat di website bisnis anda

Dengan strategi cross promotion tersebut maka bisnis anda akan memperoleh lebih banyak perhatian. Yang mana bisa meningkatkan penghasilan anda.

4. Temukan Masalah yang Dihadapi Oleh Pasar

Produk merupakan komponen vital di sebuah bisnis online maupun offline. Dengan anda memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, maka anda bisa memperoleh potensi dalam memenangkan pasar.

Jika anda tidak menyediakan produk sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasar, kemungkinan besar anda akan mengalami kegagalan.

Pernyataan tersebut bukan tanpa bukti, karena pada suatu penelitian menyatakan bahwa 42% dari perusahaan rintisan mengalami bangkrut dikarenakan gagal dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar.

Yang mana kegagalan ini terjadi karena disebabkan oleh produk yang telah mereka tawarkan tak berhasil.

Sementara hal yang perlu anda ingat ketika konsumen membeli produk yang anda jual, hal pertama yang akan dipikirkan oleh konsumen yaitu masalah mereka dapat terselesaikan.

Jadi saat anda memulai bisnis online atau offline hal utama yang perlu anda pikirkan yaitu apakah produk yang anda jual tersebut sangat dibutuhkan oleh pasar? Dan apakah produk tersebut dapat menyelesaikan masalah konsumen.

5. Riset Pasar

Selain itu tips cerdas menjalankan bisnis online dan offline berikutnya yaitu melakukan riset pasar. Sudah saatnya anda untuk fokus kepada riset di bidang tersebut.

Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Karena ini adalah cara terbaik dalam menemukan ide bisnis anda.

Anda memerlukan data yang objektif agar fondasi bisnis online dan offline yang anda jalankan bisa lebih kuat. Lewat riset pasar tersebut anda dapat memperoleh data-data yang diperlukan.

Jadi anda dapat mengambil keputusan yang berdasar kepada data yang objektif yang bukan sekedar opini dan asumsi.

6. Analisis Kompetitor

Tips cerdas menjalankan bisnis online dan offline berikutnya yaitu dengan menganalisis kompetitor. Saat anda memulai suatu bisnis online maupun offline cari tahu kelebihan dan kekurangan mereka dan cara mereka mendekati konsumen.

Dengan informasi tersebut maka anda dapat membuat produk yang mampu bersaing dengan kompetitor yang lainnya.

7. Cari Model Bisnis

Riset anda tidak hanya berhenti pada target pelanggan untuk produk yang akan dijual saja. Anda juga harus memilih bisnis model mana yang cukup menguntungkan.

Karena walaupun anda menjual produk yang sama, tentu saja cara dalam menjualnya dapat berbeda-beda.

Agar andai bisa lebih paham, jadi langsung ke contohnya saja. Misalnya anda ingin menjual sebuah tablet yang khusus untuk membaca e-book.

Apabila anda punya modal yang cukup, maka anda dapat menyetok beberapa produk tablet untuk dijual secara online maupun offline.

tapi jika anda tidak punya modal yang cukup, maka anda peru kerjasama dengan para supplier yang menjual tablet, lalu anda jual tablet tersebut dengan sistem dropship.

Dengan tips cerdas menjalankan bisnis online dan offline tersebut anda tidak usah khawatir mengenai stop produk serta inventorinya. 

Cara lainnya yang tidak melibatkan penjualan produk fisik yaitu anda bisa menjadi seorang blogger ataupun dengan bekerjasama dengan suatu brand.

Anda bisa mempromosikan produk yang mereka jual. Yaitu dengan cara terlibat dalam affiliate marketing atau pun menjadi publisher di google adsense.

Menggunakan program afiliasi yang satu ini, tentu anda akan memperoleh sebuah link atau kode spesifik yang bisa dipakai oleh calon pelanggan untuk berbelanja.

Apabila para pelanggan berbelanja melalui link yang anda bagikan, maka anda akan memperoleh komisi dari transaksi tersebut.

Mengapa Harus Menentukan Target Pasar?


Tentukan Target Pasar

Tips cerdas menjalankan bisnis online dan offline selanjutnya yaitu menentukan target pasar. Target pasar yaitu orang-orang yang punya karakteristik yang sama. Serta kemungkinan akan membeli produk yang anda jual.

Setiap produk tentunya memiliki pasar masing-masing, misalnya jika menjual produk jam tangan.

Untuk setiap merk dari jam tangan yang dijual tentunya memiliki target pasar yang berbeda-beda. Yaitu ada target pasar di kalangan kelas menengah dan kelas menengah ke atas.

Dengan target pasar yang spesifik anda akan mudah menjual produk yang ada sesuai dengan kebutuhan pasar. Dan selain itu pula anda akan lebih mudah menyusun strategi marketing.

Nah, itulah beberapa tips cerdas menjalankan bisnis baik online dan offline. Sebenarnya masih banyak lagi tips yang lainnya yang dapat anda gunakan dalam menentukan kedua cara pemasaran di dunia bisnis online maupun offline.

Akan tetapi dalam menjalankan bisnis tersebut tentu saja anda membutuhkan sebuah smartphone yang dapat anda andalkan. Smartphone memang menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam bisnis.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)