Informasi Beasiswa Kursus Bahasa Arab di Qatar University

0

Setelah sebelumnya saya posting cara daftar beasiswa S1 di Qatar University, kali ini dengan senang hati saya akan sharing cara mendaftar di Arabic Program for Non-Native Speakers di Qatar University. Yaitu sebuah kursus bahasa Arab di Qatar, atau tepatnya di Qatar University.

Sebelum saya paparkan langkah-langkah pendaftarannya, ada baiknya saya jelaskan dulu sekilas tentang Arabic Program for Non-Native Speakers. Arabic Program for Non-Native Speakers adalah sebuah program pembelajaran Bahasa Arab yang diselenggarakan oleh Qatar University, Doha, Qatar yang dikhususkan untuk pelajar selain Arab. Untuk masalah biaya dikelompokkan ke dalam dua tipe, ada yang berbayar dan ada yang beasiswa full. Tapi secara mayoritas, program ini memang memberikan beasiswa full, jadi hanya sebagian pelajar saja yang berbayar.
                                          
Selain itu, dalam pendaftaran juga ada dua kategori pelajar. Ada yang daftar secara pribadi, artinya bukan merupakan utusan suatu universitas dari negaranya. Ada juga pelajar sebagai utusan dari kampus atau universitas yang sudah menjalin MOU dengan Qatar University. Sependek pengetahuan saya, daftar sebagai utusan universitas peluang diterimanya sangat banyak. Sebaliknya, kalau daftar secara pribadi agak kesulitan untuk diterima. Kecuali jika dia berasal dari negara yang Islam sebagai minoritas. Misalnya, Ghana, Nigeria, Rusia, Nepal, Thailand, dan lain-lain.Jika diterima, apa saja beasiswa yang diberikan Qatar University? Ini di antaranya:

  1. Visa bermukim di sana selama 1 tahun.
  2. Bebas biaya kuliah selama 2 semester dan buku-buku pelajaran.
  3. TIket pesawat pulang pergi.
  4. Uang bulanan sebesar QR 500 (atau sekitar Rp 1.750.000 dengan kurs 1 QR=Rp 3.500)
  5. Asrama yang nyaman, yang di dalamnya mencakup mesin cuci, transportasi ke kampus, makan 3 kali sehari, WIFI, lab komputer, ruang olah raga, perpustakaan, dan lain-lain.
  6. Biaya periksa kesehatan.
Selanjutnya, siapkan syarat-syarat di bawah ini: 
  1. Ijazah SMA/Setara dengannya + transkripnya atau ijazah S1. Ijazah dan transkrip sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Arab dan dilegalisir oleh kedutaan Qatar yang bertempat di Jakarta. Saya punya nomor yang dapat dihubungi. Silakan kontak saya jika berminat.
  2. Biodata Diri/Curriculum Vitae yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris atau Arab.
  3. Surat keterangan dari dokter bahwa Anda boleh bepergian ke luar negeri. Juga diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab atau Inggris.
  4. Surat rekomendasi dari 2 dosen/guru/pembimbing di sekolah/kampus. Juga dalam bahasa Arab atau Inggris. Jika utusan kampus, maka surat rekomendasi dari kampus.
  5. Passport. Minimal masa expired 1 tahun dari waktu keberangkatan.
  6. Foto berwarna.
Demikian info Pendaftaran Arabic Program for Non-Native Speakers (ANNS) Qatar University. Adapun jika ada yang terlewat atau tambahan sesegera mungkin akan saya update.Semoga bermanfaat, semoga sukses.

Kalau mau daftar beasiswa S1 di Qatar University silakan klik LINK INI

Untuk melihat-lihat websitenya, bisa dilihat DISINI

Adapun yang ingin melihat video-video kegiatan Arabic Program for Non-Native Speakers (ANNS) bisa dilihat di link-link berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=7twtYYvFdW4&list=UU0eD1llxBVWIEzOp2f9RwKQ

https://www.youtube.com/watch?v=aEV3Menx1fI

Baca juga Daftar Link Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)