Keistimewaan Bulan Jumadil Akhir: Amalan Ibadah dan Peristiwa Penting di dalamnya

0

Seperti halnya bulan-bulan hijriyah yang lain, Bulan Jumadil Akhir juga memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Jika Anda seorang muslim, maka sudah seyogyanya mengetahui keutamaan atau keistimewaan Bulan Jumadil Akhir ini.

Artikel ini akan membahas apa saja keistimewaan yang ada pada Bulan Jumadil Akhir, peristiwa penting yang terjadi, serta amalan apa saja yang sepatutnya dilakukan di bulan ini. Tentu amalan atau ibadah yang ada tuntutannya dari Rasulullah SAW, sehingga kita bisa mencontoh beliau sebagai panutan seluruh alam.

Amalan di Bulan Jumadil Akhir

Seperti halnya bulan lain, Jumadil akhir memiliki keistimewaan dengan banyaknya amalan yang dapat dikerjakan. Berikut sedikit ulasannya:

1. Puasa Sunnah

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda: Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi dan An Nasa’i, Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan)”.

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa setiap bulan (hijriyah), kita disunnahkan untuk berpuasa selama 3 hari yaitu pada pertengah bulan (tanggal 13, 14 dan 15). Demikian juga pada Bulan Jumadil Akhir, kita disunnahkan berpuasa ayyamul bidh’ pada tanggal tersebut.

2. Sholat Malam

Sholat malam memang sunnah, kapanpun pelaksanaannya. Pada Bulan Jumadil Akhir juga demikian. Setelah sholat, kita dianjurkan untuk banyak beristighfar memohon ampunan kepada Allah SWT.

3. Sholat Sunnah Pada tanggal 10 Jumadil Akhir

Sholat sunnah tanggal 10 Jumadil Akhir ini dilakukan dengan cara:

  • Dilaksanakan sebanyak 12 rakaat dengan 6 kali salam.
  • Pada setiap rakaat, setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Al-Quraisy.
  • Setelah salam, dilanjutkan membaca surat Yusuf.

Peristiwa Penting di Bulan Jumadil Akhir

Keistimewaan Bulan Jumadil Akhir lainnya adalah banyaknya peristiwa penting yang patut kita ketahui dan dijadikan pelajaran. Secara ringkas, berikut ulasannya:

1. Malaikat Jibril Turun Menemani Rasulullah

Malaikat Jibril turun menemani Rasulullah Saw. Bulan ini diyakini juga sebagai bulan kelahiran putri Rasulullah Saw, Sayyidah Fatimah sebagaimana yang termaktub di beberapa buku sirah nabawiyyah.

2. Bulan Penundukkan Byzantium

Di bulan Jumadil Akhir juga pasukan Islam meraih kemenangan ketika menundukkan kekuasaan Byzantium atau Roma. Kemenangan tersebut dipimpin oleh Khalid bin Walid, salah satu sahabat nabi dan seorang tentara Islam yang terkenal pemberani pada saat itu. Berkat kecerdikan dan strategi yang ia miliki, Khalid bin Walid berhasil mengalahkan tentara Byzantium yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tentara Islam.

3. Wafatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar As-Shiddiq wafat pada tanggal 22 Jumadil Akhir tahun ke 13 H atau bertepatan dengan tanggal 12 Agustus 634 M di usia 63 tahun. Beliau dimakamkan di sebelah makam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Abu Bakar yang lahir pada tahun 573 M memiliki nama asli Abdullah ibn Abu Kuhafah. Beliau merupakan salah satu orang yang pertama yang memeluk Islam atau as-Sabiqun al-awwaalun dan orang pertama yang mengakui peristiwa Isra’ Mi’raj. Sebelum beliau meninggal, beliau menunjuk langsung Umar bin Khaththab sebagai penggantinya.

Sumber: 

  • https://umroh.com/blog/mengagumkan-inilah-keutamaan-bulan-jumadil-akhir/
  • https://news.detik.com/berita/d-4873879/bulan-jumadil-akhir-keutamaan-dan-ibadah-ibadah-yang-dapat-dilakukan
  • https://umma.id/post/keutamaan-bulan-jumadil-akhir-dan-peristiwa-yang-terjadi-1092100?lang=id

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)