Peristiwa Penting di Bulan Jumadil Awal Yang Wajib Diketahui

0

Tiap bulan dalam Islam mempunyai kejadian penting. Begitupun bulan Jumadil Awal, mempunyai kejadian penting. Dalam Bulan Jumadil Awal ada beberapa kejadian penting dalam riwayat Islam. Banyak peristiwa yang terkesan dan bisa menjadi pembelajaran berkaitan dengan bulan ini. Bulan Jumadil Awal jadi bulan kekuatan untuk teman dekat Nabi dalam menjaga keislaman yang sudah mereka yakin. Salah satunya ialah Abdullah bin Zubair bin Awwam dan ibunya Asma’ binti Abu Bakar.

Pada 17 Jumadil Awal Abdullah bin Zubair dijatuhi hukuman oleh penguasa yang zhalim pada periode itu. Dan Asma’ binti Abu Bakar ialah teman dekat Nabi yang mengagumkan. Imannya benar-benar kuat dan keputusannya pada Islam benar-benar tegar, walau selalu mendapatkan penekanan dan siksaan karena dari beberapa musuh Islam.

Berikut beberapa kejadian penting dalam Islam yang ada pada bulan Jumadil Awal

1. Pertarungan “Moota”

Pertarungan Moota terjadi pada bulan Jumadil Awal. Nabi Muhammad SAW tidak berperan serta dalam pertarungan ini. Khalid bin Walid dipilih oleh Nabi Muhammad sebagai jenderal ke-4 dari pertarungan Moota. Khalid bin Walid dijuduki sebagai “salah satunya pedang Allah”. Moota ialah nama sebuah kota di Suriah sebagai tempat pertarungan ini.

2. Nabi Muhammad SAW Menikah dengan Khadijah

Pada bulan Jumadil Awal Nabi Muhammad SAW menikah dengan istri tersayang yaitu Khadijah binti Khuwailid. Khadijah jadi wanita yang paling disayangi Nabi Muhammad SAW. Khadijah ialah salah satu orang yang dikasih salam oleh Allah SWT lewat Jibril saat Jibril menjumpai Nabi Muhammad SAW.

3. Meninggal dunianya Teman dekat Nabi

Pada bulan Jumadil Awal ada ada banyak kejadian meninggal dunianya teman dekat Nabi yakni:

– Zaid bin Haritsah, teman dekat Nabi Muhammad dan penganut Islam paling dahulu dari kelompok sisa budak Nabi Muhammad SAW.

– Ja’far bin Abi Thalib, putra dari Abu Thalib, ponakan Nabi Muhammad SAW dan kakak dari Khalifah keempat, Ali bin Abi Thalib.

– Abdullah Ibn Rawaahah, salah satunya teman dekat Nabi Muhammad SAW.

4. Perang Al-Ashirah

Diambil dari buku dengan judul ‘Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah’ oleh Ida Ditri Shohibah, peperangan “Al-Ashirah” di tahun ke dua hijriah, dipegang oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak ada pertarungan karena kesepakatan damai di antara Rasulullah SAW dengan Bani Mudlij dan penunjang mereka Bani Hamzah.

Demikian peristiwa penting yang ada di Bulan Jumadil Awal yang sepatutnya diketahui oleh seorang muslim.

sumber: https://news.detik.com/berita/d-4836663/bulan-jumadil-awal-keistimewaan-hingga-peristiwa-pentingnya (dengan editan)

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)